Rabu 23 Mar 2016 08:41 WIB

Kenali 7 Gejala Penyakit Ini Melalui Sakit Perut

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Sakit perut
Foto: ist
Sakit perut

REPUBLIKA.CO.ID,  Kita semua mungkin sering mengalami berbagai masalah dengan perut, namun ternyata perut juga bisa menjadi pertanda adanya gejala penyakit tertentu. Berikut ulasannya, dilansir dari Reader's Digest.

Iritasi usus: Kram perut bagian bawah

Jika Anda mengalami sakit perut yang disertai kembung, serta sembelit atau diare, kemungkinan Anda menderita iritasi usus/irritable bowel syndrome (IBS). Namun, IBS tidak selalu menyebabkan penurunan berat badan atau perdarahan rektum.

"IBS merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling umum," kata Lawrence J. Brandt, MD, kepala emeritus divisi gastroenterologi Sistem Kesehatan Montefiore.

IBS mempengaruhi sekitar 10 sampai 20 persen dari populasi penduduk Amerika Serikat yang kebanyakan diderita wanita. Meskipun penyebabnya belum diketahui, beberapa studi menunjukkan penderita IBS memiliki usus yang terlalu sensitif atau terlalu besar.

Radang usus: Nyeri perut dan kram, dengan perdarahan rektum

Gejala sakit perut ini biasanya menunjukkan penyakit radang usus/inflammatory bowel disease (IBD). IBD merupakan istilah umum untuk menggambarkan kondisi pembengkakan kronis pada saluran pencernaan, yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Menurut Crohn & Colitis Foundation of America, dibandingkan IBS, kasus IBD lebih serius dan lebih jarang ditemukan. Faten N. Aberra, MD, asisten profesor kedokteran divisi gastroenterologi di University of Pennsylvania, Philadelphia, mengatakan, jika satu dari lima orang menderita IBS, maka hanya sekitar satu dari 200 orang yang menderita IBD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement