Kamis 17 Mar 2016 15:18 WIB

5 Jenis Kanker Langka yang Jarang Diketahui

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Sel kanker
Foto: pixabay
Sel kanker

REPUBLIKA.CO.ID, Merah muda untuk payudara, biru untuk usus besar, dan putih untuk paru-paru. Begitu banyak jenis kanker yang kita ketahui hingga diberi label warna tersendiri. Akan tetapi, faktanya masih banyak lagi bentuk kanker yang masih jarang diketahui. Berikut adalah lima jenis kanker langka dilansir dari Prevention.

Kanker kaki

"Tak ada yang mengaitkan kanker dengan kaki. Tapi, itu adalah kesalahan besar," kata Kepala Bidang Bedah di Icahn School of Medicine New York Bryan Markinson.

Kanker kaki jarang terjadi sehingga banyak orang yang telat menyadarinya. Markinson menekankan penting untuk menyebutkan adanya benjolan, sensasi aneh, atau nyeri di kaki kepada ahli penyakit kaki. Gejala tersebut berpotensi sebagai pertanda kanker tulang, vaskular, saraf, atau kulit. Kanker kulit merupakan tipe kanker di kaki yang paling umum. Meski begitu, jika dibandingkan dengan kanker lainnya, hal ini tetap terbilang jarang.

Kanker vagina

Seiring bertambahnya usia, sel-sel di vagina akan berubah dan bisa pula berpotensi menjadi kanker. Kanker yang terjadi di bagian vagina biasanya tidak menyebar dan bisa dibuang melalui operasi. Terapi radiasi juga kerap digunakan dan mampu meningkatkan kemungkinan selamat.

Jika memiliki kutil, maka seseorang berisiko lebih tinggi terkena tipe kanker ini. Jika menyadari iritasi yang tidak biasa atau pendarahan segera hubungi ginekolog untuk mendapat pemeriksaan kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement