Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Ini Dia Makanan Pemicu Munculnya Jerawat

Selasa 23 Feb 2016 13:01 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Andi Nur Aminah

Cokelat ice cream marshmallow

Cokelat ice cream marshmallow

Foto: Allwomanstalk

REPUBLIKA.CO.ID, Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Banyak orang, baik pria maupun perempuan yang berusaha untuk menghilangkan benjolan merah tersebut, khususnya pada bagian wajah mereka. 

Banyak yang mengatakan jerawat terjadi karena kebersihan kulit yang tidak terjaga, hingga penggunaan produk yang kurang cocok. Namun, tak sedikit juga yang menyebut bahwa apa yang kita makan memengaruhi tumbuhnya jerawat. 

Beberapa penelitian meyakini jenis makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat muncul di kulit. Dilansir Bold Sky, inilah beberapa makanan yang diyakini membuat benjolan merah membandel tersebut muncul.

 

Susu skim

Sebuah penelitian mengungkapkan mereka yang secara rutin mengonsumsi susu skim dapat memiliki jerawat lebih banyak dibandingkan yang tidak. Terlebih, bila konsumsi susu tersebut mencapai empat kali dalam sehari. 

Susu skim dikatakan memiliki jenis protein berbeda yang mudah memicu timbulnya jerawat. Hal ini berbeda dengan protein yang terkandung dalam susu yang melalui proses pasteurisasi. 

 

Es krim

Es krim memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan peradangan mudah terjadi pada kulit dan pada akhirnya rentan menimbulkan jerawat.

 

Keripik kentang 

Keripik kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, indeks gikemik yang besar di dalamnya juga mudah memicu peradangan pada kulit, sehingga tak heran orang yang sering mengonsumsi makanan ini sebagai cemilan cenderung berjerawat. 

 

Makanan pedas

Dalam beberapa penelitian disebutkan orang yang memiliki jerawat sering mengonsumsi makanan pedas dan mengandung rempah-rempah dalam jumlah banyak. Bahkan, hal ini memperburuk peradangan kulit dan secara keseluruhan tak baik bagi kesehatan tubuh. 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA