Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tahukah Anda Rambutan Kaya 10 Nutrisi Penting Ini

Jumat 05 Feb 2016 08:26 WIB

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari

Buah rambutan

Buah rambutan

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Rambutan merupakan buah yang berasal dari Indonesia. Memiliki rasa manis dengan tekstur daging buah yang kenyal membuat rambutan cukup banyak digemari orang.

Pohon rambutan (Nephelium lappaceumis) tidak berbuah sepanjang musim, hanya pada musim tertentu rambutan akan mudah ditemukan di pinggir jalan. Meski terbilang rambutan bukan buah yang dapat dikatakan mahal, tapi manfaat yang dikandungnya begitu istimewa.

Penasaran manafaat apa saja yang dimiliki buah yang hanya bisa tumbuh di negara tropis ini? Dikutip dari Listovative, Jumat (5/2), berikut kehebatan buah berwarna merah ini. Mumpung sedang musim, mari raih manfaat penting penting buah rambutan.

Sumber zat besi
Rambutan kaya akan zat besi tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi memiliki posisi yang penting pula. Zat besi ada dalam hemoglobin yang digunakan oleh tubuh manusia untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan yang berbeda. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan penyakit seperti anemia yang menyebabkan kelelahan dan pusing.

Mengurangi lemak

Rambutan sangat efektif dalam mengurangi kadar lemak pada tubuh manusia. Sebab, buah dengan nama ilmiah Nephelium Lappaceumis tinggi akan kandungan serat (2 gram per 100 gram buah) dan rendah kalori.

Ditambah lagi, rambutan juga memiliki kandungan air yang tinggi. Sehingga, menurunkan rasa kelaparan secara signifikan.

Di samping buahnya yang penuh manfaat, bijinya juga membantu dalam penurunan berat badan. Disarankan ketika akan menelan biji rambutan untuk menghancurkannya terlebih dahulu dan dicampurkan dengan makanan lain.

Pengobatan disentri
Kulit buah rambutan dapat digunakan untuk mengobati disentri. Di samping itu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kronis lainnya seperti demam kronis.  Beberapa orang juga menggabungkan buah dengan bahan-bahan lain yang bisa meningkatkan efisiensi dalam menyembuhkan penyakit tersebut.





BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA