Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Berat Badan Bertambah Saat Berhenti Merokok? Ini Cara Mengatasinya

Selasa 02 Februari 2016 11:28 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah

Olahraga lari  (ilustrasi)

Olahraga lari (ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghindari kenaikan berat badan saat berhenti merokok, ada jalan keluar yang sangat mudah. Salah satu caranya ialah dengan menjaga agar metabolisme tubuh tetap tinggi melalui olahraga. Memilih berjalan kaki dibandingkan naik angkutan umum menuju satu tempat yang terjangkau dapat menjadi alternatif berolahraga.

Pada intinya, olah raga rutin setelah berhenti merokok perlu dilakukan agar berat badan tubuh tidak melonjak dan kondisi tubuh menjadi lebih prima. Dilansir NHS, berjalan cepat, berenang, hingga bersepeda dapat dilakukan setidaknya selama 150 menit per minggu. 

Selain itu, penambahan berat badan dapat dihindari dengan menyimpan makanan-makanan sehat di rumah. Makanan ringan tinggi kalori yang mungkin biasanya tersimpan di lemari dapat diganti dengan kacang-kacangan hingga buah kering.

Selama metabolisme belum kembali tinggi setelah berhenti merokok, porsi makan pun perlu dikurangi. Tiap suapan makanan yang terasa lebih nikmat setelah berhenti merokok juga harus dikunyah dengan sedemikian rupa dan tidak terlalu cepat. Menyantap makanan dengan perlahan akan membuat rasa makanan dapat dinikmati dengan baik dan tubuh pun dapat lebih menahan diri dari menambah porsi makanan.

(Baca Juga: Ini Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Berhenti Merokok).

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA