Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Konsumsi Sayuran Hijau Cegah Glaukoma

Senin 25 Jan 2016 12:22 WIB

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah

Sayur Bayam

Sayur Bayam

REPUBLIKA.CO.ID, Rutin mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, selada, dan daun kale ternyata sangat baik untuk kesehatan mata. Penelitian yang dilakukan Harvard Medical School menunjukkan, sayur berdaun hijau itu menurunkan risiko glaukoma shingga 30 persen.

Lebih spesifik, studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Ophthalmol itu mengungkap bahwa konsumsi sayuran hijau mencegah glaukoma primer sudut terbuka (POAG). POAG adalah satu dari empat jenis glaukoma, yakni penyakit mata yang secara bertahap berpotensi menyebabkan penderitanya buta. 

"Sayuran berdaun hijau mengandung nitrat tinggi yang dikaitkan dengan penurunan risiko POAG," ujar sang peneliti, Jae Kang dilansir Mirror.

Penelitian yang ia lakukan menganalisis lebih dari 104 ribu pasien yang berusia di atas 25 tahun. Pemeriksaan terhadap 63.893 pasien perempuan dan 41.094 laki-laki itu menunjukkan, mereka yang melakukan diet kaya nitrat memiliki risiko POAG lebih rendah.

POAG disebabkan oleh peningkatan tekanan pada mata dan gangguan dalam aliran darah. Dari penelitian sebelumnya yang dirujuk Jae Kang, nitrat atau nitrit (prekursor untuk oksida nitrat) bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA