Jumat 01 Jan 2016 11:30 WIB

Turunkan Berat Badan Tanpa Diet? Coba Cara Ini

Rep: c32 / Red: Hazliansyah
Segelas air putih
Foto: flickr
Segelas air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Awal tahun mencoba turunkan beran badan? Kini ada cara untuk melakukannya tanpa diet dan olahraga. Air ternyata bisa menjadi hal baru dalam metode menurunkan berat badan.

Dilansir dari Independent, Rabu (30/12), mengonsumsi air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam penelitian terbaru, peneliti di University of Birmingham menemukan bagaimana air bisa mempengaruhi hal tersebut.

Mereka meneliti orang dengan rata-rata meminum air pada 30 menit sebelum makan. Dengan melakukan hal tersebut, mereka bisa kehilangan antara 2,5 sampai empat kilogram selama tiga bulan.

Mereka yang diteliti terdiri dari 84 orang, diantaranya 54 perempuan dan 30 laki-laki. Para peneliti tidak memberikan informasi rentang usia para peserta, tetapi mereka mengatakan rata-rata mencapai usia 56 tahun.

Setengah peserta meminum air sebelum tiga kali waktu makan pada setiap harinya. Sementara sisanya hanya untuk satu hingga dua kali makan setipa harinya. Selanjutnya, para peneliti secara berkala melakukan survei dan memantau peserta secara rutin untuk melihat berapa banyak air yang benar-benar mereka konsumsi.

Secara keseluruhan, kedua kelompok peserta penelitian kehilangan sedikit berat badan antara 2 dan 9 pound selama penelitian.

Para peneliti tidak dapat mengatakan dengan pasti mengapa hal tersebut terjadi, namun beberapa penelitian telah menemukan bahwa adanya efek pada perilaku mereka.

(baca: Wow, Makan di Depan Cermin Ternyata Bisa Kurangi Berat Badan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement