Jumat, 12 Jumadil Awwal 1440 / 18 Januari 2019

Jumat, 12 Jumadil Awwal 1440 / 18 Januari 2019

5 Tips Mudah Rawat Kulit Sensitif

Senin 21 Des 2015 09:01 WIB

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati merawat kulitnya, salah satunya membatasi penggunaan sabun antiseptik.

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati merawat kulitnya, salah satunya membatasi penggunaan sabun antiseptik.

Foto: pdpics

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan mudah terkena Dermatitis Atopik (DA), mungkin merasa tidak nyaman dengan kondisinya. Hal ini dikarenakan, mereka masih menganggap bahwa kulit sensitif harus memerlukan perawatan ekstra.

Padahal menurut dr Rachel Djuanda, SpKK, orang yang memiliki kulit sensitif dan cenderung kering perawatannya cukup mudah dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips dari sang dokter, untuk merawat kulit yang sensitif tersebut.

Gunakan pelembab

Pelembab berguna untuk tetap menjaga kelembaban kulit agar tidak kering, sehingga bakteri penyebab masalah kulit tidak mudah menyerang.

Jangan terlalu lama mandi

Tidak hanya bagi mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif, orang dengan kulit normal juga tidak disarankan mandi terlalu lama karena dapat menyebabkan berkurangnya kadar kelembaban kulit. Sebaiknya mandi hanya perlu dilakukan tidak lebih dari 10 menit.

Harus selalu mengganti pakaian

Orang yang memiliki kulit sensitif harus lebih ekstra menjaga kebersihan diri, terutama saat berpakaian. Jika pakaian kotor tetap digunakan selama berhari-hari akan menimbulkan bakteri, sehingga ketika pakaian mengenai kulit akan timbul rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jangan terlalu sering mandi air hangat

Terlalu sering mandi dengan air hangat juga berpotensi menyebabkan kulit yang sensitif menjadi kering. Sebaiknya batasi penggunaan air hangat ketika mandi.

Jangan terlalu sering menggunakan sabun antiseptik

Sabun antiseptik dan scrub dapat membuat kulit kering. Batasi penggunaannya minimal hanya boleh digunakan seminggu satu kali.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA