Selasa, 12 Syawwal 1439 / 26 Juni 2018

Selasa, 12 Syawwal 1439 / 26 Juni 2018

FEMICAM, Kamera Pintar Pemantau Kanker Serviks

Ahad 29 November 2015 22:59 WIB

Rep: Marniati/ Red: Indah Wulandari

Warga membaca buklet berisi informasi tentang Kanker Serviks, pada acara Sehat Siaga Serviks

Warga membaca buklet berisi informasi tentang Kanker Serviks, pada acara Sehat Siaga Serviks

Foto: ANTARA/Andika Betha

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR-- Teknologi Feminine Camera (FEMICAM) untuk memudahkan tenaga medis dalam pemeriksaan kanker serviks (kanker leher rahim).

FEMICAM merupakan sebuah kamera pintar yang didesain untuk mendokumentasikan atau visualisasi dalam bentuk gambar hasil pemeriksaan kanker serviks. Alat ini adalah inovasi anak bangsa yang dibuat dengan teknologi dari Korea Selatan.

"Dalam upaya mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs) pula, dalam momen tersebut Dompet Dhuafa menggelar pelatihan Kesehatan Reproduksi kepada tenaga kesehatan di Makasar dengan memanfaatkan FEMICAM,” ujar Direktur Program Dompet Dhuafa Imam Rulyawa dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (29/11).

Menurutnya, teknologi tersebut berguna termasuk pada hasil pemeriksaan Inspeksi Visual Acetat (IVA). Gambar yang dihasilkan, dapat dijadikan media penjelasan untuk pasien, dan juga sebagi alat konsultasi kepada spesialis tentang berbagai kelainan yang ditemukan pada saat pemeriksaan fisik genetalia eksternal dan inspekulo.

Dari sisi tenaga medis, gambar-gambar ini dapat menjadi alat pembelajaran yang sangat berharga di kemudian hari, bahkan merupakan objek yang dapat diteliti dan bermanfaat di kemudian hari.

Sosialisasi pun terus dilakukan Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa agar banyak masyarakat semakin tahu dan paham terkait kanker serviks.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA