Jumat 27 Nov 2015 14:23 WIB

4 Obat Alami Sembuhkan Sakit Telinga

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Bawang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik besar yang bisa menenangkan telinga.
Foto: pixabay
Bawang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik besar yang bisa menenangkan telinga.

REPUBLIKA.CO.ID, Sakit telinga bisa terjadi di saat dan tempat tak terduga. Dokter memang solusi yang baik, namun Anda mungkin tak bisa mengunjunginya di tengah malam.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan pengobatan alternatif yang cepat supaya sakit telinga tidak terasa lebih buruk. Jika Anda sering mengalami sakit telinga sederhana disebabkan perubahan tekanan udara atau penyumbatan di bagian hidung, berikut adalah sejumlah ramuan tradisional yang bisa mengobatinya di rumah, dilansir dari Womanitely, Jumat (27/11).

Peppermint

Daun peppermint segar bisa meredakan sakit telinga. Giling atau tumbuk beberapa lembar daun peppermint, kemudian ambil beberapa tetesnya dan masukkan ke dalam daun telinga. Jika Anda menggunakan minyak peppermint, maka gunakan sebagai pengobatan eksternal saja. Gunakan kapas bersih.

Bawang merah

Ambil satu atau dua siung bawang merah, kemudian parut atau giling sampai menghasilkan cairan. Masukkan dua tetes airnya ke dalam telinga sebanyak dua kali sehari. Bawang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik besar yang bisa menenangkan telinga.

(baca: Tips Alami Atasi Mata Bengkak)

Botol air panas

Apakah Anda hanya seorang mahasiswa dengan uang belanja pas-pasan? Anda cukup memiliki sebotol air panas atau air hangat untuk mengobati sakit telinga. Caranya, Bungkus botol air panas dengan handuk bersih dan taruhh di daun telinga yang sakit Ini akan membuat Anda merasa lebih enak.

Madu

Madu memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Madu memang bukan pilihan terbaik untuk dimasukkan ke dalam telinga Anda, namun ketika sakit telinga itu datang, maka Anda mau tak mau harus melakukannya. Usapkan sedikit madu di sekeliling daun telinga untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement