Rabu, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 Januari 2020

Rabu, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 Januari 2020

Hore, Minum Kopi Saat Hamil tak Bahayakan Janin

Senin 23 Nov 2015 13:23 WIB

Red: Indira Rezkisari

Secangkir hingga dua cangkir kopi sehari bagi ibu hamil dipandang masih aman untuk kesehatan janin.

Secangkir hingga dua cangkir kopi sehari bagi ibu hamil dipandang masih aman untuk kesehatan janin.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Para perempuan yang sedang hamil dan suka mengonsumsi kopi tak perlu khawatir kalau kebiasannya ini bisa menganggu kecerdasan dan perilaku janin, menurut studi dalam American Journal of Epidemiology.

Para peneliti dari Institut Penelitian Nationwide Children's Hospital di Ohio, menganalisa data dari 2.917 ibu hamil yang tergabung dalam Collaborative Perinatal Project (CPP) sejak 1959 hingga 1974 (periode di mana sedikit orang khawatir tentang efek kafein).  

Secara khusus mereka meneliti lebih jauh mengenai metabolit kafein, yakni paraxanthine. Mereka berharap, dengan menganalisa penanda kafein ini, penelitian serupa kelak bisa dilakukan kembali.

(baac: Cold Brew, Tren Teranyar Minuman Kopi Dingin)

Setelah membandingkan, tingkat paraxanthine di 20 dan 26 minggu kehamilan dengan IQ dan perilaku anak di usia 4 dan 7 tahun, peneliti tidak menemukan pola yang konsisten antara asupan kafein selama hamil dengan IQ serta perilaku anak di kehidupannya.

Hanya saja, anak-anak ini sekitar 11 persen mengalami obesitas di usia 4 dan 7 tahun. Namun, peneliti tidak menemukan kondisi ini dengan asupan kafein yang ibu mereka konsumsi selama hamil.

"Kami mempertimbangkan hasil kami meyakinkan bagi ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah moderat atau setara dengan satu atau dua cangkir kopi sehari," kata salah satu peneliti, Sara A Keim, seperti dilansir Medical Daily.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA