Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Awas! Kentang dan Roti Panggang Tingkatkan Risiko Kanker

Senin 16 Nov 2015 11:31 WIB

Rep: C38/ Red: Winda Destiana Putri

Awas! Kentang dan Roti Panggang Tingkatkan Risiko Kanker

Awas! Kentang dan Roti Panggang Tingkatkan Risiko Kanker

Foto: Times Live

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Jangan berlebihan mengonsumsi kentang atau roti panggang.

Sebuah studi terbaru dari lembaga pengawas keamanan makanan Inggris, Food Standards Agency, menemukan, kedua jenis makanan ini mengandung bahan kimia penyebab kanker pada kadar mengkhawatirkan.

Dilansir dari Times Live, Senin (16/11), penelitian tersebut dilakukan dengan mengukur jumlah akrilamida, salah satu toksin penyebab kanker, pada kentang panggang, keripik, dan roti panggang yang dimasak di rumah.

"Penelitian ini menunjukkan keripik dan kentang panggang cukup dimasak sampai ‘warna emas terang’ saja, begitu pula dengan roti panggang," kata kepala penasihat FSA, Profesor Guy Poppy.

Menurut para peneliti, semakin gelap warna keripik dan kentang panggang, semakin tinggi tingkat akrilamidanya. Hal yang sama berlaku pada roti panggang.

Bahan kimia yang terbukti bersifat karsinogen itu terbentuk dari reaksi antara asam amino, gula, serta air dalam kentang dan roti ketika mereka dipanaskan sampai 120 derajat Celcius ke atas.

Kentang panggang dan keripik yang kelihatan paling lezat, yang paling gelap warna dan teksturnya, memiliki kandungan akrilamida paling tinggi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA