Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Terungkap! Perokok Berat Bisa Miliki Paru-Paru Sehat

Sabtu 10 Oct 2015 09:26 WIB

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri

Paru paru

Paru paru

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah misteri tentang rokok telah terungkap, para ilmuan Inggris telah mengungkapkan bahwa meskipun dalam seumur hidupnya seseorang merokok, beberapa orang juga bisa memiliki paru-paru yang sehat.

Penelitian ini menganalisis lebih dari 50.000 orang dan menunjukkan ada mutasi dalam DNA orang yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan menutupi risiko mematikan dari merokok.

Para ilmuwan Medical Research Council mengatakan, temuan ini dapat menjadi obat baru untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Tapi, menurut mereka, tetap saja tidak merokok adalah pilihan terbaik.

"Hal terbaik yang bisa dilakukan orang yang bisa berdampak pada kesehatan mereka di masa depan terkait penyakit paru-paru kronik atau penyakit lain seperti kanker dan penyakit hati adalah dengan berhenti merokok," kata salah satu peneliti di University of Leicester, Profesor Martin Tobin, seperti dilansir dari BBC, belum lama ini.

Ia mengatakan, tidak semua perokok mengalami infeksi paru-paru. Tapi, penyakit ini juga ditemukan pada orang-orang yang sama sekali belum pernah menyentuh rokok selama hidupnya.

Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisa data kesehatan dan genetika dalam jumlah besar dari para relawan dalam proyek Biobank di Inggris.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA