Selasa 22 Sep 2015 08:11 WIB

Hati-Hati, Vegetarian Bikin Menstruasi Anda tidak Normal

Vegetarian wanita (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Vegetarian wanita (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tak sedikit wanita yang menginginkan tubuh mereka terlihat ideal. Pelbagai cara dilakukan demi mendapatkan tubuh indah dan tetap sehat. Salah satunya dengan cara mencoba gaya hidup vegetarian.

Secara kasat mata, gaya hidup vegetarian ini tidak memiliki dampak negatif yang signifikan. Hanya mengonsumsi sayur, buah dan sama sekali menghindari daging maupun ikan dan ayam. Namun bagaimana dengan kesehatan reproduksi Anda?

Dilansir CNN Senin (21/9) sebuah penelitian telah dilakukan para ilmuwan di Universitas Toronto, yang membuktikan bahwa diet vegetarian bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur.

"Bukan hanya vegetarian, namun jika Anda hanya mengonsumsi satu jenis makanan, misalnya ayam atau telur saja itu bisa mengganggu siklus menstruasi," kata Rima Irwinda, seorang spesialis Obgyn. Bahkan dijelaskan lebih lanjut, kekurangan nutrisi bisa memengaruhi pengeluaran hormon dan berpengaruh pada sel tubuh.

Untuk mendapatkan menstruasi yang teratur, Anda membutuhkan nutrisi yang seimbang. Sehingga orang yang menjalani diet vegetarian tidak dapat memenuhi itu. Pasalnya, mereka hanya mengonsumsi nabati, nutrisi dari nabati saja tidak cukup untuk metabolisme dalam tubuh.

"Vegetarian hanya mengonsumsi sayuran, mereka kekurangan protein, ini mengganggu pengeluaran hormon. Penyerapan zat besi oleh sayuran tidak setara dengan penyerapan zat besi pada hewani," tambah Rima.

Zat besi yang dihasilkan oleh nabati dianggap Rima jauh lebih lamban dibandingkan dengan hewani. Jadi, mulai sekarang perhatikan asupan makanan Anda bila mengalami pola menstruasi yang tidak normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement