Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Manfaat Fitonutrien Bagi Kesehatan Tubuh

Senin 14 Sep 2015 08:19 WIB

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari

Kandungan fitonutrien paling banyak terdapat pada sayur dan buah yang berwarna mencolok.

Kandungan fitonutrien paling banyak terdapat pada sayur dan buah yang berwarna mencolok.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Buah dan sayuran memiliki peran penting membantu menyehatkan tubuh. Walaupun memiliki variasi warna yang berbeda-beda, namun masing-masing buah dan sayur juga memilki beragam manfaat yang sangat baik.

 

Menurut pakar gizi, dr. Grace Judio Kahl, kandungan fitonutrien pada sayur dan buahlah yang bertanggung jawab untuk memberi warna, aroma bahkan rasa pada buah dan sayuran. Masing-masing warna memiliki kandungan zat gizi yang berbeda.

 

"Jika kita mengonsumsi makanan yang kaya akan zat fitonutrien, seperti sayur dan buah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti jantung koroner atau hipertensi," kata Grace, dalam acara Jakarta Food Editors Club, beberapa waktu lalu.

 

Grace menambahkan, kandungan fitonutrien paling banyak terdapat pada sayur dan buah yang berwarna mencolok. Untuk kelompok sayuran yang mengandung banyak zat fitronutrien antara lain adalah, tiga jenis warna paprika, wortel, tomat, sawi hijau, terong ungu dan lainnya. Sementara untuk kelompok buah-buahan antara lain adalah, apel, semangka, jeruk, nanas dan sebagainya.

 

"Mengkonsumsi buah berbagai warna setiap hari tentu menjadi tantangan masyarakat di sela-sela padatnya aktivitas mereka sehari-hari. Mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan fitonutrien dalam bentuk jus bisa jadi solusi yang praktis, apabila kita tidak sempat mengkonsumsi buah dalam bentuk utuh," tambahnya.

 

Lebih lanjut, Grace juga mengungkapkan bahwa kebutuhan kandungan fitronutrien bagi tubuh setiap orang berbeda-beda. Umumnya saat ini, buah dan sayur yang kaya akan fitronutrien kerap dikonsumsi seseorang yang tengah menjalankan program diet, sebagai pengganti karbohidrat.

“Fitonutrien merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita dan juga bersifat menyembuhkan suatu penyakit. Selain itu, di dalamnya juga terdapat zat aktif yang berfungsi melakukan pembakaran lemak di dalam tubuh, mengandung antioksidan, serta memperlambat proses penuaan dini,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA