Rabu 19 Aug 2015 06:40 WIB

Cuaca tak Menentu, Influenza Menyerang

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Untuk membantu mendongkrak daya tahan tubuh vaksin flu bisa diberikan.
Foto: EPA
Untuk membantu mendongkrak daya tahan tubuh vaksin flu bisa diberikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Cuaca yang kurang bersahabat membuat influenza tengah banyak menyerang. Apalagi warga yang tinggal di Jakarta. Satu anggota keluarga terserang flu, lainnya pun menyusul terkapar.

dr Ade Mutiara menjelaskan perubahan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, kadang panas, kadang hujan, menyebabkan seseorang perlu beradaptasi lebih. Sehingga pada orang yang memiliki daya tahan tubuh kurang, maka akan mudah terkena virus di udara.

“Salah satu virus yang paling sering menyerang adalah virus penyebab influenza. Virus ini dengan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Bahkan virus ini juga mudah sekali penyebarannya melalui udara. Tak heran kini banyak orang yang terkena influenza dan menularkannya ke orang lain,” jelasnya kepada ROL, beberapa waktu lalu.

Menurut Ade, influenza ini termasuk air borne disease, yaitu penyakit menular yang tersebar ketika tetesan patogen dikeluarkan ke udara, seperti saat ia batuk, bersin atau berbicara. Seseorang yang terkena flu dan ia bersin atau batuk, cairan yang keluar tersebut menyebarkan virus influenza.

Misalnya ketika seseorang yang terkena flu sedang berada di bus kota, sekolah ataupun kantor. Kemudian ia bersin atau batuk, dan menutup mulutnya dengan telapak tangan untuk menghindari tertularnya orang yang berada di sekitar. Tangan yang digunakan untuk menutup mulut dan sudah ada virus flunya ini kemudian memegang benda yang juga dipegang orang sekitarnya, misalnya besi pegangan pada bis, gagang pintu, kursi atau meja sekolah maupun kantor. Dari situlah, orang lain tertular virus flu tanpa disengaja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement