Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Berapa Banyak Telur Sebaiknya Dikonsumsi dalam Sehari?

Senin 13 Jul 2015 13:06 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Telur ayam kampung

Telur ayam kampung

Foto: ABC News

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Diet telur sudah umum dilakukan orang-orang. Ini adalah diet dimana seseorang tidak makan apa-apa kecuali telur, namun tidak ada ukuran pasti seberapa banyak telur yang baik untuk dikonsumsi selama menjalani diet ini.

Dilansir dari Live Strong, Senin (13/7), diet telur konsepnya adalah menggunakan telur sebagai sumber protein yang utama. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity pada Agustus 2008 mengatakan sebaiknya memakan 2-6 butir telur sehari. Ini terbukti efektif menurunkan berat badan. Satu butir telur rebus memiliki 78 kalori, sehingga Anda akan mendapatkan 156 kalori dari dua butir telur rebus atau 468 kalori dari enam butirnya.

Jika Anda makan telur goreng, kalorinya naik menjadi 90 per telur, berdasarkan hasil penelitian Kementerian Pertanian Amerika Serikat. Tubuh membutuhkan 1.200-1.400 kalori untuk kebutuhan metabolisme. Ini merupakan kebutuhan minimum untuk mempertahankan fungsi jantung dan organ penting dalam tubuh. Jika Anda bekerja di luar dan sering ke lapangan, maka kalori yang Anda butuhkan lebih banyak dari itu.

Telur memang menawarkan protein cukup, namun makan telur saja tidak cukup. Jika Anda makan 10 butir telur setiap hari, Anda akan mendapatkan selenium yang cukup, tapi kandungan folat dan vitamin B6 kurang. Telur tidak mengandung vitamin C dan sangat sedikit mengandung vitamin E, K, dan magnesium. Telur juga tidak menyediakan serat atau karbohidrat. Anda mungkin butuh suplemen untuk mengisi kesenjangan gizi tersebut.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau diabetes, Anda harus membatasi asupan telur, yaitu tidak lebih dari tiga kuning telur sepekan. Dua telur rebus mengandung 372 miligram kolesterol. Jumlah tersebut melebihi asupan maksimum yang direkomendasikan untuk orang dengan penyakit kolesterol tinggi dan diabetes, yaitu 300 miligram per hari. Buatlah rencana sehat dengan tetap menikmati telur untuk satu kali makan dan mengikuti diet seimbang dihari lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA