Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Konsumsi Buah dan Sayur Dongkrak Kualitas Sperma

Senin 22 Jun 2015 16:39 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Sayur membantu meningkatkan kualitas sperma pria.

Sayur membantu meningkatkan kualitas sperma pria.

Foto: frompo

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam sebuah studi ditemukan bahwa mengonsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini selaras dengan pernyataan para pakar yang menyebutkan buah dan sayur tampak bisa memperbaiki kualitas sperma karena mengandung antioksidan. Meskipun karena makan banyak buah dan sayur, memiliki kemungkinan kecil makan sedikit makanan berlemak dan daging merah yang dapat mengurangi kesuburuan.

Professor of Andrology, University of Sheffield, Allan Pacey, mengatakan sekarang banyak bukti yang menunjukkan bahwa asupan buah dan sayur yang baik dapat membantu kualitas sperma. Tapi dia mengatakan pria jarang sekali menjalankan saran yang menyatakan pengaruh diet dengan kesuburan.

“Saya pikir sebagian besar saran pre pembuahan terutama ditujukan untuk wanita dan pria benar-benar kehilangan pesan kesehatan umum. Pria secara umum kurang tertarik melakukan diet yang ada kaitannya dengan kesehatan kesuburan,” ujarnya, dikutip dari Telegraph (22/6).

Prof Pacey mengatakan pria ingin memulai sebuah keluarga harus mencoba mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran segar setiap hari. “Ketika desakan terus mendorong, saya pikir semua pria tahu bahwa kebiasaan makanan dan gaya hidup yang baik dan yang buruk untuk mereka. Tapi terkadang mereka perlu mendengar itu dari seseorang yang bukan rekannya,” ujarnya.

Studi membandingkan kebiasaan harian 1.134 pria dan wanita yang mempunyai anak dalam waktu sebelum 12 bulan dengan partisipan yang pernah mencoba dan gagal hamil selama waktu yang sama. Yang mana 65 persen partisipan yang subur dalam studi ini makan buah setiap hari, dan yang hanya 51 persen yang tidak subur.

Dalam total, 51 persen orang yang sukses hamil makan sayur setiap hari, antara yang menderita ketidaksuburan. Dan yang tidak 47,8 persen tidak subur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA