Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Makan Buah dan Sayur Tingkatkan Kesuburan Pria

Senin 22 Jun 2015 16:30 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Buah dan sayuran banyak mengandung gizi yang bermanfaat/ilustrasi.

Buah dan sayuran banyak mengandung gizi yang bermanfaat/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Buah dan sayur jelas memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ada manfaat kesehatan juga kecantikan. Salah satunya manfaat untuk kesuburan.

Sebuah studi menyatakan mengonsumsi buah dan sayur dapat menambah kesuburan dan memberikan kesempatan lebih untuk memiliki anak. Sayangnya, para pria jarang menjalankan saran ini. Sementara wanita lebih peduli dengan saran ini dan mau mengonsumsi buah.

Studi besar yang meneliti lebih dari 1.100 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang melakukan diet sehat memiliki peluang lebih besar untuk hamil. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin berkaitan erat dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Selain itu, orang yang tidak merokok dan yang menghindari atau membatasi alkohol juga lebih berpeluang untuk bisa hamil.

Penemuan ini dipresentasikan di pertemuan tahunan European Society of Human Reproduction and Embryology di Lisbon, menunjukkan secara keseluruhan, wanita lebih banyak melakukan diet sehat dibanding pria.

Penemuan ini digambarkan sebagai data yang mengejutkan dan penting, dimana penelitian ini menemukan 55 persen pria subur mengonsumsi buah sebanyak lima kali dalam seminggu, dibanding dengan 73 persen wanita. Kesuburan wanita juga lebih dari laki-laki karena makan telur secara rutin.

Peneliti Eugenio Ventimiglia, dari IRCCS Ospedale San Raffaele, Milan, mengatakan wanita lebih berhati-hati dibanding pria. “Kami telah menguji pola makan dan gaya hidup laki-laki yang ingin memiliki keturuanan” ujarnya seperti dilansir dari laman Telegraph, Senin (22/6).

Ia mengatakan laki-laki sering tidak memikirkan kebiasaan yang mereka lakukan dapat mempengaruhi kesempatan untuk pembuahan. Dan mereka enggan mencari saran medis ketika berjuang dengan kesuburan mereka. “Ini mengapa selalu istri yang mendesak investigasi. Laki-laki lebih malas dan gemar bergantung pada wanita.”

Dia mengatakan apapun percobaan untuk memulai sebuah keluarga harus mengadopsi gaya hidup sehat dengan harapan bisa meningkatkan kesempatan mereka untuk sukses.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA