Sabtu 23 May 2015 11:11 WIB

Banyak Konsumsi Minuman Bersoda Membuat Gigi Cepat Rusak

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Minuman bersoda
Foto: corbis
Minuman bersoda

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- ROLers, apakah perlu alasan untuk menghentikan kebiasaan Anda minum minuman bersoda? Berikut adalah fakta dari efek berbahaya minuman bersoda, dilansir dari Rodale News, Sabtu (23/5).

Gigi rusak

Dokter gigi memiliki istilah 'Mountain Dew Mouth' untuk kondisi rusaknya gigi pada anak-anak yang suka minuman bersoda. Itu karena minuman bersoda mengandung banyak kimia yang digunakan sebagai flame retardant dalam plastik. Ini pada akhirnya menyebabkan kehilangan memori saraf pada gigi ketika dikonsumsi dalam jumlah besar sehingga gigi mudah berongga dan akhirnya keropos.

Gangguan hormon

Zat sejenis bisphenol A (BPA), yang digunakan untuk menjaga asam dalam soda bereaksi dengan logam dapat menggangu fungsi hormon. Ini pada akhirnya menyebabkan infertilitas, obesitas, dan diabetes, bahkan kanker alat reproduksi. Pepsi dan Coke saat ini sedang berjuang untuk mengganti kemasan kaleng minuman bersodanya dengan botol plastik yang 100 persen ramah lingkungan dan bebas BPA.

Burung mati

Seorang aktivis lingkungan, Chris Jordan pernah mengunjungi wilayah Midway Atoll pada 2009. Itu adalah lokasi penumpukan sampah plastik dan kaleng minuman bersoda terbesar yang dijuluki Great Pacific Garbage Patch. Tak hanya sampah, di sana juga ditemukan banyak bangkai burung, ikan, hingga kura-kura yang mati karena pencemaran tersebut. Ribuan hewan mati setiap tahunnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement