Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Rhubarb, Batang Pohon dengan Segudang Manfaat Bagi Tubuh

Selasa 14 Apr 2015 18:28 WIB

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri

Rhubab

Rhubab

Foto: Womanitely

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda tahu apa itu rhubarb? Mungkin tidak semua orang tahu, rhubarb adalah semacam pohon keladi atau talas. Tanaman ini memiliki daun beracun tetapi batangnya bisa dijadikan bahan makanan sehat dan sangat lezat.

Tanaman ini bisa dimasak menjadi pie, kue, salad, dan sup. Namun banyak juga yang langsung memakannya mentah-mentah. rhubarb memiliki gizi yang sangat besar dan kaya akan manfaaatnya bagi tubuh.

Tanaman ini banyak mengandung vitamin C, vitamin B-kompleks, vitamin K, kalium, kalsium, mangan, dan banyak vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.
 
Rhubarb juga mengandung antioksidan yang tinggi seperti anthocyanin dan lycopene. Sebagai bonus tambahan, rhubarb rendah lemak dan kalori, yang membuatnya menjadi makanan yang cocok bagi Anda yang sedang diet.

Di samping itu rhubarb memiliki segudang manfaat lainnya. Dilansir dari Womanitely, Selasa (14/4) apa saja manfaat batang tanaman berwarna merah ini bagi tubuh?

Tulang dan Gigi
Kandungan kalsium yang tinggi dalam rhubarb membantu menjaga tulang dan gigi tetap kuat sepanjang tahun. Makan rhubarb secara teratur menghindari dari gigi copot dan pengkeroposan tulang.

Mata
Batang rhubarb sangat baik ubtuk mata karena nengandung vitamin A, Beta karoten, lutein, dan zea xanthin. Kandungan ini membantu menjaga mata anda tetap tajam. Selain itu konsumsi tanaman ini mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C sangat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rhubarb merupakan sumber vitamin C yang wajib dikonsumsi untuk menjaga imun tubuh. Selain itu vitamin C juga membantu pembentukan kolagen yang mencegah penuaan dini.

Jantung
Kandungannya yang rendah lemak dan kalori sangat baik bagi tubuh. Rhubarb mengandung antioksidan yang tinggi seperti anthocyanin dan likopena. Ini sangat baik untuk membantu atau mengurangi resiko penyakit jantung. Tentu saja untuk menjaga kesehatan jantung tak cukup hanya makan rhubarb, tapi juga menjaga kontrol emosi dan stres.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA