Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Berpikir Positif dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Rabu 18 Feb 2015 04:30 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Positif thingking (Ilustrasi)

Positif thingking (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sikap positif dapat meningkatkan sistem kekebalan rubuh Anda dan bisa membantu Anda hidup lebih lama, menurut penelitian di Universitas Queensland. Penelitian ini diikuti sekelompok orang dewasa berusia 65-90 tahun.

Penelitian yang berlangsung selama dua tahun itu menemukan bahwa orang yang suka berpikiran positif cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Peserta diminta mengamati serangkaian foto positif dan negatif. Mereka kemudian diminta untuk mengingat foto pertama yang mereka suka. Saat mengingat, fungsi kekebalan tubuh mereka diukur melalui serangkaian tes darah.

"Peserta yang lebih banyak melihat gambar atau foto positif ketimbang negatif memiliki antibodi dalam darah yang menunjukkan sistem kekebalan tubuh mereka lebih kuat dibanding rekan-rekan mereka yang negatif," kata peneliti utama, Dr Elise Kalokerinos, dilansir dari Body and Soul, Rabu (18/2).

Orang yang fokus berpikiran positif lebih mampu mengatasi situasi stres. Dia bisa berpikir jangka panjang yang lebih positif dalam kehidupannya dan berinteraksi sosial yang positif. Hal ini menuai manfaat untuk kekebalan tubuhnya.

Temuan ini, kata Kalokerinos meningkatkan kemungkinan bahwa manusia telah berevolusi menjadi lebih positif diakhir hidupnya. Hal ini dalam rangka meningkatkan umur panjang mereka sendiri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA