Jumat 02 Jan 2015 10:43 WIB

Lima Khasiat Tinggi Minuman Cokelat Panas (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Secangkir Cokelat (Ilustrasi)
Foto: foodnetwork.com
Secangkir Cokelat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Cokelat panas (Hot Chocolate) adalah salah satu minuman populer dengan manfaat luar biasa. Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, coklat panas juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Cokelat sendiri mengandung antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit jantung, degenerasi makula, penuaan dini, bahkan mengurangi risiko kanker, karena memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Semakin gelap warna cokelat, antioksidan di dalamnya semakin kuat. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya apakah perbedaan kualitas kesehatan antara secangkir coklat panas dengan sebatang dark chocolate? 

ROLers, berikut manfaat dari coklat panas untuk kesehatan, dilansir dari Womanitely, Jumat (2/1).

1. Coklat panas meningkatkan kekuatan otak

Hasil studi menunjukkan bahwa minuman coklat panas membantu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Flavonoid dalam coklat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membantu Anda berpikir lebih baik. 

Jika Anda ingin meningkatkan memori, cobalah minum dua cangkir coklat panas setiap hari. Tidak hanya akan meningkatkan memori otak, namun juga suasana hati. Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak gula dalam minuman coklat panas Anda.

2. Coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan

Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University, coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hijau dan anggur. Selain itu, minum coklat panas adalah salah satu cara paling lezat untuk mendapatkan antioksidan coklat yang kuat. 

Coklat panas mengandung sedikit lebih banyak antioksidan daripada sebatang coklat yang dilepaskan ketika minuman ini memanas.

3. Coklat panas meningkatkan suasana hati

Coklat panas adalah penguat suasana hati paling ampuh. Minuman lezat ini membantu melawan stres, kecemasan, dan depresi. Coklat panas merangsang pelepasan endorfin, yang membantu meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia dalam sekejap. 

Tapi masalahnya coklat panas mungkin mengandung jumlah gula yang tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Pertimbangkan membuat coklat panas bebas gula untuk meningkatkan khasiatnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement