Rabu 26 Nov 2014 10:47 WIB

Cara Merawat Gigi Berlubang

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sakit Gigi (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Sakit Gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana kalau gigi Anda atau anak Anda sudah terlanjur berlubang? Haruskah dirawat atau dibiarkan saja lubangnya? Apa dampaknya jika gigi berlubang dibiarkan tanpa perawatan?

Dokter gigi Firdiyanti Oktaviani, SpKG dari Klinik gigi Q-Smile Tanjungpinang, mengatakan bila ada gigi yang berlubang harus segera dibawa ke dokter gigi. ''Disertai rasa sakit maupun tidak, segera bawa ke dokter gigi untuk mendapat perawatan yang tepat seperti penambalan,'' ujarnya, Rabu (26/11).

Menurutnya, gigi yang berlubang harus ditambal agar tidak menjadi tempat berkumpulnya sisa makanan. Sisa-sisa makanan pasalnya bisa semakin memperparah lubang.

Bila lubang gigi sudah besar dan tinggal sedikit giginya, sedangkan gigi penggantinya masih lama tumbuhnya maka sebisa mungkin gigi tersebut harus dipertahankan.

“Bila memang harus dicabut, biasanya di gusi bekas gigi yang dicabut akan diberi alat yang disebut space mantainer untuk menjaga agar gigi-gigi di sampingnya tidak bergeser menempatkan space tadi."

Ia menambahkan, gigi berlubang yang tidak dirawat bisa menyebabkan bau mulut. Juga dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut seperti pembengkakan pada gusi. Bahkan bisa mengakibatkan tanggalnya gigi sebelum waktunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement