Rabu 13 Aug 2014 03:16 WIB

Tujuh Tanda Anda Harus Segera ke Dokter Kulit (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Ruam merah di pipi menyerupai kupu-kupu kerap menjadi penanda awal penyakit lupus
Foto: procto-med.com
Ruam merah di pipi menyerupai kupu-kupu kerap menjadi penanda awal penyakit lupus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak masalah kulit, mulai dari benjolan, bekas luka, bekas jerawat, gatal, atau tahi lalat yang banyak. Siapapun bisa memberi tahu Anda jika kulit Anda bermasalah, namun banyak yang tak melakukannya dengan alasan menjaga perasaan Anda. Berikut adalah tujuh tanda yang bisa Anda deteksi sendiri yang menunjukkan bahwa sudah waktunya Anda pergi ke dokter kulit, dilansir dari The Fashion Spot, Rabu (13/8).

5. Ruam kulit

Beberapa bagian dari kulit Anda menjadi merah, kering, namun Anda mengabaikannya? Itu salah. Memang banyak ruam kulit yang tidak berbahaya, namun jika kulit Anda berubah menjadi merah secara tak sengaja, misalnya menginjak zat beracun, maka sebaiknya Anda memeriksakan segera ke dokter kulit. Ada terlalu banyak kemungkinan yang bisa menjadi sumber penyakit di kulit Anda.

6. Keringat berlebih

Banyak wanita memiliki masalah dengan keringat berlebihan, termasuk mengalami bau badan. Namun, kebanyakan wanita takut membicarakannya. Jika Anda berpikir bahwa tubuh Anda memproduksi keringat berlebihan, deodoran Anda juga tidak efektif karenanya, maka Anda sedang mengalami perubahan kulit. Periksakan segera ke ahlinya.

"Keringat berlebih bisa jadi indikator seseorang menderita infeksi, diabetes, atau masalah kelenjar tiroid," kata Direktur The Center for Dermatology, Cosmetic and Laser Surgery di Mount Kisco, New York, Dr David Bank.

7. Untuk bertanya

Jika Anda mempunyai sejumlah pertanyaan perihal kulit, maka tanyakan pada ahlinya. Misalnya, tanyakan seberapa sehat kulit Anda? Perlukah melakukan tes alergi kulit? Pastikan untuk mendapat saran tentang pilihan gaya hidup yang bermanfaat bagi kulit Anda, seperti diet, olah raga, pakai pelembab dan sebagainya.

Jika Anda belum pernah ke dokter kulit, maka pastikan Anda memiliki resep dokter dan banyaklah bertanya pada dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement