Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Kenapa Permen Buruk untuk Gigi Kita?

Senin 23 Des 2013 09:48 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini

Gigi putih. (Ilustrasi)

Gigi putih. (Ilustrasi)

Foto: funmag.org

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin pernah mendengar sejak kecil bahwa permen akan membuat gigi Anda cepat membusuk dan rusak. Itu mungkin tidak sepenuhnya benar. Namun, fakta bahwa permen itu bisa merusak lapisan enamel gigi Anda adalah benar. Jadi, bagaimana bisa permen itu berdampak buruk bagi gigi Anda?

Sebagian besar permen dikemas dengan gula, dan gula mampu menyebabkan kerusakan pada enamel gigi Anda. Namun, permen yang berbahaya sesungguhnya adalah permen asam karena mengandung bubuk asam yang bisa menyebabkan kerusakan gigi Anda semakin meluas.

Perbedaan antara permen manis dengan permen asam sangat tinggi. Dalam sebuah studi kasus, permen asam menyebabkan 92 persen kerusakan pada gigi, ketimbang permen manis. Itulah mengapa begitu penting bagi Anda untuk membatasi diri mengonsumsi permen asam dalam mulut Anda dalam waktu yang lama.

ROLers, Anda juga harus menyadari bahwa permen karet yang bergetah memiliki zat ekstra kenyal dan cenderung lengket yang menyebabkannya menempel pada gigi Anda dalam waktu yang lama. Itu juga buruk untuk gigi Anda.

Permen regular yang manis dan keras yang Anda isap dalam mulut Anda sangat buruk juga, sebab mereka akan tinggal membekas di mulut Anda dalam waktu lama dan memberikan eksposur tambahan pada enamel gigi Anda.

Lalu, bagaimana caranya mencegah kerusakan enamel gigi? Dilansir dari Symptomfind, Senin (23/12), hal utama yang harus Anda lakukan adalah rajin menyikat gigi dan membersihkan gigi Anda untuk encegah erosi enamel gigi. Selanjutnya, cobalah kurangi mengonsumsi permen menjadi satu atau dua permen saja per hari.

Pastikan Anda mengurangi mengonsumsi permen-permen berisiko tinggi, khususnya permen asam dan permen karet. Jika Anda memakan permen, hindari untuk mengemutnya terlampau lama untuk menghindari kerusakan cepat pada enamel gigi Anda.

Cara terakhir adalah kunjungi dokter gigi secara teratur. Ini merupakan cara terbaik untuk melindungi gigi Anda dan memastikan enamel Anda dalam kondisi yang masih baik. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA