Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Ini Dia Penyebab Meningkatnya Angka Obesitas

Selasa 05 Mar 2013 04:17 WIB

Rep: Fenny Melisa/ Red: Dewi Mardiani

Obesitas/ilustrasi

Obesitas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Bina Gizi Masyarakat Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dr Minarto menuturkan dua hal penyebab meningkatnya angka prevalensi obesitas di Indonesia.

"Pola makan tidak seimbang dan aktivitas fisik yang rendah merupakan penyebab utama angka prevalensi gizi lebih atau obesitas meningkat," ujar Minarto dihubungi Senin (4/3).

Menurut Minarto, untuk mengatasi dua penyebab utama obesitas tersebut dapat dilakukan dengan cara membudayakan pola makan seimbang dan menambah aktifitas fisik. "Perbanyak konsumsi sayur dan buah dan kurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, serta perbanyak aktifitas fisik," jelas Minarto.

Minarto menuturkan, meski angka prevalensi untuk gizi buruk menurun, namun angka prevalensi gizi lebih (obesitas) meningkat. "Pada Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2010 angka prevalensi gizi lebih naik dari 12,2 persen pada 2007 menjadi 14,2 persen pada 2010. Sementara itu, gizi buruk turun dari 5,4 persen menjadi 4.9 persen," kata Minarto.

Angka prevalensi gizi lebih yang meningkat, Minarto mengatakan, juga dipengaruhi oleh perubahan pola makan. "Sebagai contoh kebiasaan makan di luar rumah seringkali gizi makanannya tidak seimbang," kata Minarto.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA