Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Inilah 20 Penyebab Utama Mimisan (1)

Jumat 01 Feb 2013 06:25 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini

Mimisan (ilustrasi)

Mimisan (ilustrasi)

Foto: naturalremedies.org

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tetesan darah yang hangat terkadang mengalir dari lubang hidung Anda. Itu artinya Anda mimisan. Namun, apakah penyebabnya? Ada banyak hal yang memicu mimisan bergantung pada jenis mimisan apa yang Anda alami.

Dilansir dari SymptomFind, Jumat (1/2), ada dua jenis mimisan. Salah satunya adalah mimisan anterior. Mimisan ini adalah yang paling umum sering terjadi dan menjadi 90 persen mimisan yang dialami banyak orang menurut penelitian  eMedicineHealth.

Mimisan ini terjadi pada bagian depan atau anterior hidung. Pendarahannya cenderung berasal dari pecahnya jaringan pembuluh darah. Mimisan jenis ini biasanya akan cepat sembuh.

Apa saja penyebab mimisan anterior?

1. Meniup hidung terlalu keras

Mungkin Anda seringkali membuang ingus dengan cara menghembuskan hidung terlalu keras. Ini bisa mengiritasi saluran darah dalam hidung kelalui kekuatan mencabut lendir dengan paksa. Akhirnya, beberapa pembuluh darah Anda yang kecil akan terekspos dan akhirnya Anda mengalami mimisan. Anda mungkin juga memiliki gumpalan darah di dalam hidung. Sehingga, sesekali jika gumpalan itu teriritasi maka bisa menyebabkan pendarahan sekali lagi.

2. Kedinginan dan flu

Meniup hidung terlalu keras memang bisa menyebabkan mimisan. Itu biasanya Anda lakukan jika hidung Anda meler akibat kedinginan atau flu. Anda kemudian meniup hidung setiap menit. Cobalah meniup hidung dengan cara lembut. Jika Anda memiliki kotak tisu, maka Anda lebih baik menggunakannya ketimbang meniup hidung terlalu keras.

3. Dekongestan nasal

Bila Anda dalam kondisi kedinginan berlebihan, maka Anda bisa menggunakan dekongestan nasal pada hidung untuk membersihkan hidung Anda. Namun, dekongestan nasal cenderung mengeringkan hidung, sehingga dapat menyebabkan mimisan.

4. Sinusitis

Jika Anda memiliki kasus sinusitis, Anda juga bisa mendapatkan mimisan. Namun, sebagian besar kasus mimisan dari sinusitis sebenarnya terkait dengan penggunaan dekongestan nasal.

5. Mengupil

Kotoran memang seringkali ada di dalam hidung. Itu kemudian membuat Anda ingin mengeluarkannya dengan cara mengupil. Namun, jika Anda mengupil terlalu sering, terutama jika Anda memiliki kuku panjang dan tajam, Anda dapat menggores atau merobek bagian dalam hidung. Ini kemudian menyebabkan pendarahan.

Lanjut ke bagian kedua..

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA