Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Hati-hati, Nonton TV Bisa Perpendek Umur

Jumat 09 Nov 2012 12:56 WIB

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani

Mengurangi jam menonton televisi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kita

Mengurangi jam menonton televisi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kita

Foto: fabfitsquad.com

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi anda yang hobi nonton TV, sepertinya harus mengurangi kebiasaan itu. Sebab sebuah penelitian menunjukkan, menonton TV dapat memperpendek umur.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, penelitian ini dilakukan di Australia. Peneliti Australia mempelajari dan membandingkan kondisi kesehatan orang yang menonton dan tidak menonton TV sama sekali.

Hasil riset tersebut menunjukkan dengan menonton TV tiap sejam maka akan memperpendek umur selama 22 menit pada orang berusia lebih dari 25 tahun. Jika diasumsikan, nonton TV selama enam jam sehari, maka hal itu akan memperpendek umur selama lima tahun. Para peneliti menilai bahwa nonton TV memiliki efek yang sama buruknya dengan merokok, tidak beraktivitas, dan makan berlebih.

Lantas, apakah anda perlu menyetop untuk menonton TV? Dokter menyarankan untuk mengimbanginya dengan berolahraga, seperti sepeda stasioner atau treadmill di depan TV. Penelitian serupa juga pernah dilakukan di Harvard, Amerika Serikat oleh AC Nielsen. Riset di Harvard ini juga menarik kesimpulan yang sama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA