Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Awas, Inilah Penyakit yang Mengintai Usai Lebaran (2)

Selasa 14 Aug 2012 12:11 WIB

Rep: Anjar Fahmiarto/ Red: Endah Hapsari

Ilustrasi makanan sehat.

Ilustrasi makanan sehat.

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, Semua kalangan rentan terkena berbagai penyakit usai puasa dan Lebaran. Menurut Saptawati, usia produktif rentan terkena kolesterol tinggi. Sedangkan penyakit lambung dan infeksi saluran cerna rentan  menyerang orang tua dan anak-anak."Gangguan kegemukan dan kelainan lemak darah dapat mengenai siapa saja, baik anak sampai orang tua," jelasnya. 

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kata Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Fatmawati, dr Pauline Endang MS SpGK, maka penderita harus memilih makanan dengan baik dan benar. Pada dasarnya semua bisa dikonsumsi asal terjadwal, tidak asal. Selain itu penderita juga agar penderita sadar diri. Dengan berbagai penyakit yang diderita sudah sewajarnya mampu mengendalikan diri. "Tidak boleh lupa sayur dan buah. Terutama untuk penderita diabetes," kata Pauline. 

Perubahan menu dan pola makan, terangnya, menjadi senjata utama mencegah datangnya penyakit tersebut. Hindari atau minimalkan karbohidrat dan gula dalam hidangan. Dia memberi contoh penggantian hidangan ayam menjadi ikan. Ayam mengandung minyak lebih tinggi dibanding ikan. Oleh karena itu untuk penderita diabetes dan kolesterol lebih baik mengkonsumsi ikan, Sedangkan cara memasaknya  bisa digulai. Pihaknya juga menyarankan agar meminimalkan hidangan bersantan di meja makan. "Hal yang sama juga dilakukan untuk hidangan gorengan dan yang bercita rasa spicy. Jangan sampai hidangan penuh santan,"  papar Pauline. 

Saran senada juga dilontarkan Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Melinda Bandung, dr.Johanes Chandrawinata MND SpGK. Dia mengingatkan agar tetap makan makanan sehat selama berpuasa maupun saat Hari Raya. Makan teratur sesuai anjuran saat puasa yaitu sahur dan buka sangat diperlukan.

Hal yang sama juga dilakukan terhadap asupan lemak jenuh seperti santan, gorengan, dan mentega. "Jangan lupa konsumsi sayur dan buah sedikitnya lima porsi setap hari. Untuk air putih sedikitnya dua liter sehari," ujarnya.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA