Kamis 21 Jun 2012 13:11 WIB

Ini Dia Cara Deteksi Buah Berformalin

Buah impor, ilustrasi
Foto: Wordpress
Buah impor, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Buah-buahan memang penting untuk tubuh. Apalagi, saat ini banyak sekali jenis buah impor yang menggugah selera. Namun, harap hati-hati karena kini buah impor disebut-sebut mengandung pengawet dan formalin.

Sebagai konsumen cerdas, ada baiknya Anda mewaspadai buah-buahan impor yang berpengawet itu. Alih-alih sehat, mengonsumsi buah seperti itu justru mendatangkan penyakit di masa mendatang.

Nah, untuk mendeteksi buah yang mengandung formalin, Anda bisa menggunakan test kit formalin yang bisa didapatkan di toko kimia. Harganya rata-rata di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta. Anda juga bisa membelinya secara online, karena sudah banyak yang menjualnya secara online. 

Caranya buah yang akan diuji potong kecil-kecil, ambil sedikit saja kurang lebih 10 gram. Rendam dengan air hangat sekitar 10 ml. Ambil air rendaman sebanyak 5ml, kemudian teteskan test kit formalin kurang lebih 1 tetes. 

Biarkan kurang lebih 10 menit, jika dalam waktu tersebut air berubah warna menjadi ungu, berarti buah tersebut mengandung formalin.

Karena itu sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam membeli buah. Telitilah terlebih dahulu sebelum membelinya. 

sumber : kumpulanartikelbersama.blogspot
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement