Selasa 19 Jun 2012 15:04 WIB

Waduh, Minum Tujuh Cangkir Teh Sehari Bisa Picu Kanker Ini

Teh hitam
Teh hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Hobi berat minum teh? Hati-hati. Ternyata, minum tujuh cangkir teh atau lebih dalam sehari justru berpotensi memicu kanker prostat pada laki-laki. Dari hasil penelitian terungkap, mereka yang mengonsumsi tujuh atau lebih cangkir teh sehari berpotensi mengalami risiko 50 persen lebih tinggi menderita kanker prostat ketimbang mereka yang minum tiga cangkir atau kurang.

Peringatan itu terlontar setelah para ilmuwan dari University of Glasgow meneliti kesehatan lebih dari 6.000 pria selama empat dekade. Penemuan itu seolah menumbangkan hasil penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa meminum teh justru menurunkan risiko kanker. Studi yang dipimpin oleh Dr Kashif Shafique dimulai sejak 1970.

Dari ribuan pria itu, sekitar seperempat adalah penggemar berat teh yang mengonsumsi tujuh atau lebih cangkir dalam sehari. Dari jumlah itu, sekitar 6,4 persen mengalami kanker prostat setelah 37 tahun.

Meski begitu Shafique belum berani memastikan apakah benar teh yang memicu kanker prostat itu. ''Kami belum tahu pasti apakah teh itu sendiri yang menjadi faktor pemicu atau apakah peminum teh justru punya gaya hidup sehat sehingga hidup lebih lama dan pada akhirnya mengalami kanker prostat yang biasa dialami orang-orang lebih tua,'' ujarnya.

Namun, tak ada salahnya waspada, bukan? Yang pasti, segala yang berlebihan boleh dibilang tidak baik.

sumber : dailymail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement