Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Tetap Bugar Saat Hamil, Begini Caranya...

Rabu 06 June 2012 09:33 WIB

Rep: desy susilawati/ Red: Endah Hapsari

Ibu hamil (ilustrasi).

Ibu hamil (ilustrasi).

Foto: Wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, Saat hamil, tak berarti ibu harus terus merasa lelah. Dokter spesialis kandungan dari Ciputra Hospital di Perumahan Citra Raya, Tangerang, dr Iswan Syarif, SpOG menjelaskan untuk tetap bugar saat hamil, ibu hamil bisa melakukan sejumlah tips seperti berikut:

Konsumsi makanan bergizi seperti yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Semua ini terdapat dari berbagai jenis makanan.

Makan dalam jumlah sedikit, tapi sering.

Hindari makanan pedas, asam, minuman karbonasi, atau alkohol. Juga hindari nangka, kol dan lainnya.

Konsumsi makanan yang mengandung asam folat karena bisa mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada anak. Asam folat terkandung dalam sereal, beras merah, jeruk, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Zat besi juga perlu dikonsumsi untuk menghindar dari kemungkinan cepat lelah.

Konsumsi air putih sebanyak enam sampai delapan gelas per hari. Tujuannya untuk meningkatkan metabolisme serta volume darah. Bisa juga konsumsi susu dan jus buah.

Jangan sembarangan minum obat. Konsultasikan dulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi obat.

Sempatkan berolahraga paling tidak 20 menit. Untuk jalan pagi, saat usia kandungan di atas enam bulan sangat dianjurkan, agar otot panggul elastis.

Lakukan vaksinasi saat kandungan berusia 7-8 bulan. Seperti suntik tetanus agar dapat mencegah tetanus pada anak. Terlebih bila ada kemungkinan adanya alat yang tak steril saat persalinan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA