Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Ibu-ibu Mau Diet? Ini Dia Hitungan yang Pas

Kamis 10 May 2012 11:04 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Endah Hapsari

diet

diet

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang butuh asupan kalori bagi tubuhnya. Tak hanya baik untuk kesehatan, asupan kalori yang pas juga berfungsi untuk menunjang aktivitas. Namun, tak banyak yang tahu berapa banyak semestinya tubuh mengonsumsi kalori per hari.

Menurut Head Research Center PT Nutrifood Indonesia Susana, setiap hari rata-rata manusia memerlukan asupan kalori sebesar 2.000 kalori. Susana menyatakan, jumlah tersebut tidak sembarang melainkan berdasar pada standar yang telah ditetapkan Departemen Kesehatan RI. ''Setiap hari tubuh harus memenuhi asupan kalori sesuai jumlah yang sudah menjadi standar kesehatan,'' ujar Susana.

Untuk wanita, Susana mengatakan, ada dua jenis kategori wanita terkait dengan jumlah kalori yang dibutuhkan. Bagi wanita pekerja kantoran atau ibu rumah tangga yang tidak terlalu banyak bergerak, ia menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asupan kalori hingga 1.800 kal per harinya. 

Namun untuk wanita kategori kedua yang lebih aktif, ia menyarankan untuk konsumsi makanan yang mengandung kalori hingga 2.000 kal per hari.

Batasan jumlah kalori tersebut, lanjut Susana, baik untuk menjadi pedoman bagi wanita yang ingin menjaga atau mempertahankan berat tubuhnya. 

Sementara bagi yang ingin mengurangi berat tubuh, Susana menyarankan untuk mengurangi kalori sebesar 500 kal dari jumlah yang seharusnya. ''Jadi, kalau satu hari seharusnya ia konsumsi hingga 1.800 kalori, maka kalau lagi diet bisa hanya mengonsumsi 1.300 kalori saja,'' kata Susana.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA