Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Ini Cara Mencegah Kanker Serviks

Sabtu 05 May 2012 15:33 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Kanker Serviks (ilustrasi)

Kanker Serviks (ilustrasi)

Foto: akbidmus.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kanker adalah satu dari sederet penyakit mematikan. Salah satu penyakit kanker yang mematikan adalah kanker serviks. Tapi Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Premier Jatinegara Dr Indrawati Dardiri Sp OG mengatakan, penyakit kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai langkah dan upaya.

"Salah satunya adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan," kata Dr Indrawati dalam acara seminar bertajuk 'Kanker Serviks dan Kesehatan Reproduksi Wanita' di RS Premier Jatinegara, Jakarta, Sabtu (5/5).

Dalam seminar yang bertujuan menyebarluaskan pengetahuan tentang persoalan kesehatan khususnya kanker serviks itu, Dr Indrawati menjelaskan, tidak melakukan hubungan seksual di usia dini juga dapat mencegah kanker serviks. "Selain itu, perlu memelihara kesehatan tubuh, rutin melakukan pap smear dan menghentikan kebiasaan merokok," katanya.

Hal lain yang bisa dilakukan, kata dia, adalah memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning yang banyak mengandung beta karoten, vitamin C serta E serta melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus.

Dijelaskannya, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. "Data WHO juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah kasus kanker serviks tertinggi di dunia," katanya.

Setiap tahun, tambah dia, terdeteksi lebih dari 15 ribu kanker serviks di Indonesia dengan sekitar delapan ribu kasus diantaranya berakhir dengan kematian. Sementara itu, kesehatan reproduksi, masih kata Dr Inrawati, merupakan hal yang penting bagi setiap wanita terutama yang telah memasuki usia kematangan seksual.

"Organ kewanitaan merupakan bagian yang rentan terkena berbagai gangguan kesehatan karenanya harus dijaga dengan baik," katanya menuntaskan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA