Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Anda Suka Diet? Waspada Terkena Gizi Buruk

Jumat 27 Jan 2012 14:24 WIB

Rep: rosita budi suryaningsih/ Red: Heri Ruslan

diet

diet

REPUBLIKA.CO.ID, Gizi buruk rupanya tak hanya dialami anak-anak, terutama yang masih balita. Gizi buruk juga ternya juga bisa diderita oleh orang dewasa. Menurut Ahli gizi dari FKUI, Saptawati Bardosono, orang dewasa juga bisa kena masalah kekurangan gizi.

“Biasanya karena pola hidupnya tidak sehat,” ujarnya pada Republika, di Jakarta,Rabu, (25/1). Pola hidup yang tidak sehat ini, misalnya banyak makan makanan yang kurang bergizi, makan sembarangan, tidak banyak olahraga, tidur tidak teratur, dan pola hidup tidak sehat lainnya.

Selain itu, diet juga bisa menjadi penyebab kekurangan gizi ini. “Terutama diet yang salah, yang ngawur, asal-asalan,” katanya. Diet yang baik, menurutnya adalah tetap makan dan makanan yang mengandung karbohidrat tetap mengisi 50 hingga 60 persen dari total makanan yang dikonsumsi. Namun, jika memang ingin diet untuk menurunkan berat badan, jumlah makanan yang akan dikonsumsi bisa dikurangi.

Makanan yang mengandung banyak lemak, bisa dikurangi jika memang ingin diet. “Agar tidak kena gizi buruk, boleh diet, tapi asupan gizinya harus tetap seimbang,” ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA