Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Ada Benjolan di Payudara, Jangan Panik Dulu

Senin 23 Jan 2012 09:58 WIB

Red: Endah Hapsari

Simbol kanker payudara

Simbol kanker payudara

Foto: akiavintage.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar perempuan boleh dibilang sudah paham tentang betapa pentingnya sadari atau periksa payudara sendiri. Kegiatan rutin ini ampuh untuk mendeteksi secara dini kemungkinan munculnya gejala kanker payudara. Namun, jangan cemas dulu ketika terasa adanya benjolan saat melakukan sadari. Dr dr Zubairi Djoerban mengurai ada karakteristik benjolan pada payudara yang harus diwaspadai meski itu tidak bermakna selalu kanker.

Fibroadenoma payudara adalah tumor jinak, bukan kanker. Fibro adenoma mammae (biasa disingkat FAM)-mamma atau mammae adalah bahasa kedokteran untuk payudara-adalah tumor jinak yang biasanya ditemukan pada wanita muda (tidak selalu). Umumnya, sekitar usia 16-30 tahun.

Lokasi tumor ini cukup sering di payudara kuadran luar, bagian atas, lebih dekat ke arah ketiak. Karena tumor jinak, dokter menjelaskan tidak berbahaya, tidak apa-apa. Namun, ia dapat berkembang, membesar sewaktu hamil, atau mengecil sewaktu menopause.

Lebih lanjut, Zubairi mengatakan, diagnosis dapat ditegakkan setelah wawancara (anamnesis), pemeriksaan fisik dilanjutkan dengan USG (ultrasonografi), atau mammogram untuk pasien yang berusia lebih dari 40 tahun, untuk kemudian dipastikan dengan biopsi atau operasi untuk mengambil jaringan yang dicurigai dan diperiksa di bawah mikroskop (pemeriksaan patologi).

Meski begitu, guru besar FKUI ini menambahkan, sebagian besar FAM tidak memerlukan operasi, apalagi bila ukurannya kecil, kurang dari satu sentimeter dan tidak menyebabkan keluhan. Eksisi-membuang seluruh massa benjolan-dapat dipertimbangkan bila makin membesar, lebih dari empat sentimeter misalnya, sehingga menyebabkan asimetri dan keluhan pasien.

Operasi dianjurkan bila dokter sukar membedakan antara FAM dan tumor filoides. Operasi juga perlu dipertimbangkan bila ada anggota keluarga dekat yang sakit kanker payudara, dokter akan menganalisisnya dengan hati-hati. Fibro adenoma payudara dapat kambuh, muncul kembali. Pemberian obat Danazol (danocrine) dapat dipertimbangkan untuk mengatasi rasa nyeri yang berat. Obat ini tidak dianjurkan diberikan untuk semua pasien FAM. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA