Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Melangkahlah, Demi Otak Lebih Muda

Selasa 10 May 2011 16:39 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jalan Kaki (Ilustrasi)

Jalan Kaki (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Begitu mudah, sederhana dan tidak butuh peralatan khusus. Aktivitas satu ini pun juga tak menyulitkan malah sehat bagi sendi-sendi anda. Satu lagi, riset terbaru menunjukkan bila anda rutin melakukannya, ternyata bisa membantu melenyapkan kabut dalam otak anda. Ya, itu adalah jalan kaki.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada orang berusia 55 hingga 88 tahun, mereka yang selalu melakukan salah satu latihan tubuh tertua sekaligus paling sederhana di dunia, yakni jalan kaki, mengalami peningkatan sinyal komunikasi dalam otak.

Ketika manusia bertambah tua, kinerja jalur komunikasi dalam otak mulai menurut. Namun dalam studi, otak orang dewasa yang mendaftarkan diri dalam program gerak jalan sehat selama setahun menunjukkan peningkatkan nyata dalam fungsi kognisi dan sinyal komunikasi dalam periode studi.

Dalam penelitian, komunikasi antara jaringan otak utama dan jaringan otak depan bahkan lebih kuat dengan berjalan kaki. Itu tentu kabar baik karena dua jaringan itu cenderung menerima serangan ketika manusia bertambah tua.

Masalah penurunan kekuatan kognisi mungkin kian memburuk bagi orang-orang yang tidak pernah berolahraga sama sekali.

Kelompok partisipan lain dalam studi juga melakukan olahraga peregangan otot dan latihan kebugaran selama setahun, alih-alih jalan kaki. Namun hasil tes MRI dan kemampuan kognisi tidak menunjukkan peningkatan yang sama seperti para kelompok pejalan kaki.

Setiap peningkatan otak yang mereka alami ditandai sebagai hasil dari belajar dan menguasai latihan baru pula. Namun seperti yang dilansir Real Age, demi membuat hasil maksimal, para ahli menyarankan memasukkan latihan kardio sekaligus kekuatan dan stamina dalam menu olahraga. Tunggu apa lagi, ayo melangkah!


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA