Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Cat Berpendar Dalam Gelap, Ayo Buat Sendiri!

Selasa 07 May 2013 21:36 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Cat berfosfor mampu berpendar dalam gelap

Cat berfosfor mampu berpendar dalam gelap

Foto: growingajeweledrose.com

REPUBLIKA.CO.ID, Berkreasi dengan warna adalah salah satu aktivitas yang tak cuma menyenangkan, tetapi mengasah kreativitas. Aktivitas mewarnai dan menggambar dengan beragam media, mulai cat air, cat minyak, krayon, hingga pensil warna bukan hanya didominasi anak-anak. Orang dewasa pun gemar mengeksplorasi warna.

Kini waktunya bermain-main lebih dari warna biasa. Mari membuat sesuatu dengan warna yang mengilap dan berpendar terutama saat gelap.

Bila membeli cat jenis ini harganya bisa mahal. Tertarik membuat sendiri cat yang berpendar? Yuk ikuti petunjuk sederhana berikut ini.

1. Belilah bubuk fosfor yang bisa berpendar di saat gelap. Bubuk fosfor tersedia dalam beberapa tingkatan mulai dari level 0 yang berarti berkualitas paling baik hingga level 7, paling kurang berpendar.

Perbedaannya jelas pada tingkat pendar yang dihasilkan dan juga soal harga. Dalam setiap level terdapat pula perbedaan ukuran butiran yang merentang dari 8 mikron hingga 60 ribu mikron. Partikel lebih besar berarti lebih terang, tapi sekaligus membuat cat lebih berbutir sehingga terlihat berkilau.

Bila anda berencana menggunakan cat larut dengan air, maka Anda butuh tipe coated glow powder (bubuk untuk pelapis berpendar) yang juga dikenal sebagai pigmen pelapis berfosfor. Lalu untuk cat warna yang menggunakan minyak, Anda bisa menggunakan bubuk berpendar yang tak menggumpal.

 

2. Siapkan cat warna yang Anda inginkan

 

3. Ketika memilih warna, carilah yang cat yang bersih, tebal tdan tidak mengandung filter UV. Cat yang larut dalam minyak cenderung mengandung gas beraroma yang buruk bagi kesehatan dan berbahaya bagi anak-anak. Cat yang menggunakan air sebagai pelarut cocok bila Anda ingin melibatkan anak-anak dan mengerjakan proyek ini dalam ruangan. Pertimbangkan untuk membeli cat yang didesain khusus tahan lama dengan pigmen berfosfor.

 

4. Tambahkan bubuk fosfor dengan takaran 20 persen dari jumlah cat yang hendak anda gunakan.

 

5. Aduk rata dan selesai! Bergantung pada kombinasi bubuk dan cat, maka resep campuran warna anda mungkin atau mungkin tidak bertahan lama. Jadi buatlah campuran yang segera Anda gunakan dalam satu jam

 

6. Aplikasikan ke benda atau lukisan yang Anda Inginkan.


Berikut contoh lukisan dinding yang menggunakan cat berfosfor. Ia akan berpendar dalam gelap saat lampu dimatikan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA