Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Yuk! Berimajinasi Lewat Akrilik Cair, Rendam Apa Pun yang Menarik

Kamis 21 Mar 2013 14:18 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Berbagai macam bentuk cetakan resin akrilik bening dengan figur-figur berwarna di dalamnya (ilustrasi)

Berbagai macam bentuk cetakan resin akrilik bening dengan figur-figur berwarna di dalamnya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Plastik cair bening atau resin akrilik bisa juga diotak-atik sesuai keinginan. Begitu anda memiliki satu karya, figur akrilik bening bisa melakukan lintas fungsi, mulai dari pengganjal jendela, patung hiasan cantik di ruangan atau pemberat kertas.

Mau lebih seru? Snda bisa membuat lubang kecil dengan mengebornya secara berhati-hati, lalu gantungkan di koridor rumah, selasar depan, atau gang peralihan antar ruang. Manis sekaligus artistik.

Tertarik untuk membuat? Berikut tips dari Lil Blue Boo

Tentukan barang-barang menarik apa untuk direndam dan 'diabadikan' dalam figur akrilik anda. Kecuali anda membuat patung besar, barang tersebut sebaiknya berukuran kecil dan mungil

Anda bisa menggunakan sekotak pensil warna yang anda potong-potong, kancing, kerang, bermacam kerikil dalam berbagai tekstur dan warna atau bahkan perangko.

Siapkan item yang hendak anda masukkan dalam cetakan resin akrilik.

Untuk melakukan proyek ini anda membutuhkan resin cair dan katalis untuk menjadikan larutan resin mengeras. Semua bisa anda peroleh di toko kerajinan atau toko kimia.

 

Anda butuh cetakan pula. Anda bisa gunakan mangkuk tupperware, cetakan plastik, kotak lilin kecil, atau benda apa pun yang memiliki permukaan bagian dalam licin.

 

Letakkan benda-benda yang hendak anda rendam di dasar cetakan.

 

Setelah itu buat campuran resin anda, pada dasarnya terdiri dari campuran akrilik cair dengan katalis. Tak perlu bingung ikuti saja petunjuknya dan lakukan pencampuran ini di luar ruangan atau garasi karena aroma gas yang dikeluarkan sangat kuat dan terlalu kuat untuk dilakukan di dalam ruangan. Anda butuh ventilasi udara baik dalam pengerjaan proyek ini.

 

Tuangkan akrilik cair dalam aliran kecil untuk menghindari gelembung dan juga untuk menutupi semua barang. Catatan kecil, kayu pasti mengapung, jadi tunggu 30 menit supaya resin sedikit mengeras dan anda masih harus menuangkan sedikit lapisan tipis di atasnya.

 

Setelah agak membeku, beri lagi tambahan potongan pensil di atasnya.

 

Tambah pula lapisan resin, dan anda membutuhkan waktu 30 menit untuk menunggu lapisan pertama mengeras. Setelah itu tambahkan lapisan akhir agar semua item tertutup sepenuhnya oleh resin, tidak ada yang mencuat.

 

Anda bisa juga membuat versi lebih tipis, untuk tatakan gelas, misal menggunakan kancing sebagai bahan untuk direndam.

Voila! Inilah hasilnya.

Sederhana bukan? Anda hanya membutuhkan sedikit imajinasi, kreativitas cetakan dan bahan-bahan menarik untuk membuatnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA