Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Fakta Menarik tentang Perawatan Uban

Kamis 08 Nov 2018 11:16 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

Rambut putih

Rambut putih

Foto: healthy-magazine.com
Rambut yang memutih bukan berarti tak bisa dirawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut yang memutih atau uban merupakan bagian dari proses penuaan yang tak bisa dihindari oleh siapa pun. Bagi sebagian orang, kemunculan uban akan terasa sangat mengganggu karena dapat mempengaruhi penampilan.

Kemunculan uban terjadi karena berhentinya produksi pigmen rambut. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh proses penuaan. Penurunan produksi pigmen rambut ini terjadi secara bertahap.

Pada perempuan, uban pertama biasanya muncul di awal usia 30-an. Rata-rata setengah dari kepala akan dipenuhi uban ketika perempuan sudah mencapai usia 50-an. Meski begitu, beberapa perempuan dan laki-laki bisa memiliki uban pertama pada usia 18 tahun.

"Rambut memutih ini berkaitan erat dengan gen," ujar ahli rambut dan kulit kepala Anabel Kingsley, seperti dilansir di Marie Claire.

Meski rambut beruban telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan, tak banyak orang yang benar-benar memahami uban dan cara perawatannya. Berikut ini adalah empat hal terkait perawatan uban yang perlu diketahui.

Sampo Ungu

Sampo ungu adalah sampo yang mendistribusikan pigmen ungu untuk menetralkan warna kekuningan pada rambut. Warna ungu digunakan karena pada tabel warna, ungu merupakan warna yang berlawanan dengan kuning.

Penggunaan sampo ungu dapat membuat penampilan dan kondisi uban menjadi lebih baik. Dengan sampo ungu, rambut beruban akan terlihat lebih sehat dan bersinar. Sampo ungu juga kerap disebut sampo silver.

Selain itu, rambut yang memutih juga cenderung memiliki lebih tipis dan lebih rapuh. Ada baiknya bila uban juga dirawat dengan mengunakan elasticizer sebanyak satu kali dalam seminggu untuk memperkuat rambut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES