Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Mengeringkan Wajah Secara Alami, Amankah untuk Kulit?

Kamis 11 Oct 2018 14:11 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah

Mencuci wajah (Ilustrasi)

Mencuci wajah (Ilustrasi)

Foto: Huffingtonpost
Jaga kebersihan handuk dengan selalu mencucinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengeringkan wajah dengan handuk menjadi hal yang umumnya dilakukan usai membasuh wajah menggunakan air. Namun belakangan, banyak yang mengungkap cara itu kurang tepat karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan kulit.

Salah satu cara yang ditawarkan selain menyeka wajah dengan handuk, yaitu membiarkannya mengering secara alami. Sebuah situs kecantikan menyebutkan membiarkan kering secara alami bahkan bisa membuat kulit wajah lebih bersih. Namun, apakah cara itu benar-benar efektif?

Handuk bisa menjadi sarang bakteri. Bakteri akan mudah berpindah apabila bagian tubuh atau wajah ada yang mengalami infeksi.

"Membiarkannya kering secara alami akan mengurangi permasalahan tersebut," ujar Nick Lowe, dermatolog dari Cranley Clinic di Harley Street, dikutip The Guardian.

Baiknya, gunakan handuk khusus untuk wajah sehingga bakterinya tidak tercampur. Dermatolog dari The Skincare Bible, Anjali Mahto, lebih menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan handuk dengan rutin mencucinya. Selain itu, dia juga menganjurkan tidak berbagi handuk yang sama dengan orang lain, termasuk pasangan sendiri.

Membiarkan wajah mengering dengan sendirinya tanpa handuk belum tentu juga sepenuhnya baik untuk kulit. Namun, tidak juga membuat kondisi menjadi lebih buruk. Hanya saya itu akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa kering sempurna.

Prinsipnya, menurut Lowe, perhatikan jenis kulit terlebih dahulu. Bagi yang memiliki kulit kering atau cenderung sensitif, sebaiknya kurangi menggosok wajah dengan handuk. Gunakan pembersih wajah berupa losion dan micellar water untuk membersihkan kulit, namun tetap memberi kelembaban.

Cara yang lebih aman bisa dengan menepuk-nepukkan handuk secara perlahan pada wajah. Ini lebih baik dari pada terlalu memberi usapan yang keras. Usapan keras dapat membuat kulit iritasi.

Baca juga: Hindari Mengeringkan Wajah dengan Handuk

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES