Ahad 16 May 2010 23:49 WIB

Ini Dia "Resep" UI Masuk dalam Jajaran Universitas Bergengsi Asia

Stand Universitas Indonesia dalam sebuah ajang pameran pendidikan internasional
Foto: Dok Republika
Stand Universitas Indonesia dalam sebuah ajang pameran pendidikan internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Selain unggul dalam empat kriteria, empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation, Universitas Indonesia juga memiliki kelebihan lain sehingga masuk dalam jajaran sepuluh besar perguruan tinggi ternama Asia Tenggara.

Apa keunggulan lain itu?

Menurut Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Ahad, upaya pencapaian standar internasional didukung pula dengan sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di ajang Internasional, diantaranya adalah mahasiswa FKG UI yang menjadi Juara I Scientific Research Competition dalam The Asia Pacific Dental Students Association (APDSA).

Mahasiswa FH UI berhasil menjadi 1st Runner Up International Maritime Law Arbitration Moot in Brisbane.

Selain itu, UI meraih sertifikasi International Organizations for Standarization (ISO) 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu (QSM).

Ia mengatakan sesuai dengan visi UI untuk menjadi universitas riset kelas dunia, secara akademik UI terus meningkatkan kualitasnya dalam bidang riset dan pengajaran. .

Selama 2009, lanjut dia Sivitas Akademika UI telah menghasilkan 1.005 riset dan sebanyak 10.050 telah dipublikasikan dalam jurnal bertaraf Regional dan Internasional.

Hasil ini menempatkan UI bertahan pada posisi yang sama seperti tahun lalu yaitu peringkat 50 di Asia.

"UI terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik yang dimilikinya sebagai Universitas Riset Kelas Dunia," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement