Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Ekspansi KPR, BRIsyariah Tbk Gandeng Ciputra Group

Selasa 08 Jan 2019 13:34 WIB

Red: EH Ismail

Direktur Utama BRIsyariah Moch. Hadi Santoso (kanan) usai menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Ciputra Group yang diwakili Marius Ignatius Meiko Handoyo Lukmantara (kiri) yang merupakan direktur di bawah Ciputra Group Holding 1.

Direktur Utama BRIsyariah Moch. Hadi Santoso (kanan) usai menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Ciputra Group yang diwakili Marius Ignatius Meiko Handoyo Lukmantara (kiri) yang merupakan direktur di bawah Ciputra Group Holding 1.

BRI Syariah targetkan pembiayaan KPR 2019 tumbuh Rp 785 sampai dengan Rp 800 miliar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank BRIsyariah Tbk atau BRIsyariah terus melakukan ekspansi kerjasama dengan pengembang hunian untuk meningkatkan pembiayaan di segmen konsumennya. Mengawali tahun 2019, sebagai bank syariah ritel modern, BRIsyariah menjalin kerja sama dengan salah satu pengembang perumahan yang paling terdiversifikasi dan berskala besar di Indonesia, Ciputra Group.

Kerjasama ini merupakan kali pertama yang dijalankan oleh BRIsyariah dan Ciputra Group Holding 1, yang terdiri dari sembilan perusahaan dengan 13 proyek. Dengan adanya kerjasama ini, BRIsyariah akan menyalurkan pembiayaan KPR bagi nasabah yang ingin memiliki hunian di bawah kelolaan Ciputra Group.

Perjanjian kerjasama ditandatangani di kantor Ciputra World, Jakarta, Senin (7/1). Perjanjian ditandatangani oleh Direktur Utama BRIsyariah Moch. Hadi Santoso dan Marius Ignatius Meiko Handoyo Lukmantara yang merupakan direktur di bawah Ciputra Group Holding 1.

“Kesempatan bekerja sama dengan Ciputra Group, yang sudah lama dikenal sebagai developer handal, tentu merupakan hal yang positif bagi BRIsyariah. Di tahun ini memang BRIsyariah mencanangkan sebagai tahun konsumer. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Ciputra ini sebagai langkah awal kami untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan konsumer. Di tahun 2018 kami menyalurkan sebesar Rp 2,97 triliun rupiah untuk pembiayaan KPR. Harapan kami, di 2019 akan tumbuh sebesar Rp 785 sampai dengan Rp 800 miliar atau 14.59 persen - 14.85 persen. Kami optimistis akan mencapai target tersebut,” kata Direktur Utama BRIsyariah Moch Hadi Santoso.

Melalui perjanjian kerjasama ini BRIsyariah menyediakan pembiayaan bagi calon nasabah yang tertarik memiliki hunian berupa rumah, rukan, ruko, apartemen ataupun tanah di bawah kelolaan Ciputra Group yang ada di delapan provinsi di Indonesia. Di antaranya Citra 7, Citra 8 dan Citra Lake Suites di Jakarta, Citra Raya City di Mendalo-Jambi, CitraGrand City di Palembang Sumatera Selatan, CitraGarden BMW di Cilegon Banten serta CitraPlaza Nagoya di Batam Kepulauan Riau.

BRIsyariah akan menyediakan fasilitas pembiayaan hingga sejumlah total 110 miliar rupiah. BRIsyariah memberikan jangka waktu paling lama 15 tahun untuk fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk pembelian rumah tinggal. Untuk pembelian rumah toko atau rumah kantor atau apartemen, fasilitas pembiayaan yang digunakan memiliki jangka waktu paling lama 10 tahun. Sementara untuk fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk pembelian tanah paling lama adalah 5 tahun.

BRIsyariah menyediakan tiga skema akad yang bisa dipilih nasabahnya yang tertarik mendapat pembiayaan Griya Faedah BRIsyariah iB. Yaitu Murabahah, IMBT dan MMQ. Dimana ketiga akad tersebut sudah awam digunakan untuk akad pembiayaan di bank syariah. Pemberian besaran pembiayaan tergantung kepada pendapatan calon nasabah, jika pendapatan nasabah besar otomatis pembiayaan yang didapat juga besar.

Untuk margin KPR sendiri saat ini berkisar di angka 13-14 persen. Secara bisnis pembiayaan di bank syariah tak bisa dibedakan dengan bank konvensional. Hal ini karena, bank syariah menggunakan sejumlah akad dalam setiap transaksi pembiayaannya dan tidak langsung memutus biaya administrasi secara sepihak. Jika ada harus betul-betul menjadi menjadi biaya yang dikeluarkan dengan jelas penggunaannya. Selain itu pembiayaan di bank syariah memiliki akad yang bisa memberikan nasabah 'flat rate' yakni akad yang cicilannya tetap hingga perjanjian selesai,sehingga memudahkan nasabah dalam perencanaan keuangannya.

Dengan adanya penandatanganan kerjasama ini, menjadi wujud komitmen BRIsyariah dan Ciputra Group dalam mewujudkan impian konsumen memiliki rumah. Adanya kerjasama ini juga akan menjadi momen mempererat hubungan kedua belah pihak untuk saling bersinergi dan bersama-sama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya nasabah setia BRIsyariah dalam hal pembiayaan properti.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA