Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

FoSSEI Gelar Kampanye Nasional 2018

Rabu 16 Mei 2018 05:50 WIB

Red: Irwan Kelana

FoSSEI me ngampanyekan ekonomi syariah kepada masyarakat di acara car free day (CFD) Jakarta, Ahad (13/5).

FoSSEI me ngampanyekan ekonomi syariah kepada masyarakat di acara car free day (CFD) Jakarta, Ahad (13/5).

Foto: Dok FoSSEI
Kegiatannya menyosialisasikan ekonomi syariah kepada masyarakat luas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) merupakan sebuah wadah pergerakan keilmuan bagi mahasiswa di bidang ekonomi Islam yang telah berjalan 18 tahun. Hingga  FoSSEI telah menghimpun 14 Regional di seluruh Indonesia yang mencakup 165 Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) dengan kurang lebih 15.000 kader yang aktif mendukung pergerakan ekonomi syariah.

Pada Ahad  (13/5), FoSSEI menggelar Kampanye Nasional (Kamnas). Ini  merupakan salah satu program kerja tahunan yang bertujuan untuk menyosialisasikan ekonomi syariah kepada masyarakat luas.

Acara ini tidak hanya dilaksanakan  di kawasan car free day (CFD) Jakarta,  melainkan diselenggarakan di 17 titik di seluruh Indonesia Termasuk  di dalamnya Sumatra Utara, Sumatra Bagian Tengah, Sumatra Bagian Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, serta Kalimantan Timur dan Selatan dan beberapa daerah yang lain.

Agenda Kamnas kali ini mengusung #BeraniHalal, yang berisi ajakan agar menjalani kehidupan dengan halal dalam arti yang luas. Tidak terbatas hanya pada hubungan lawan jenis atau makanan saja.

“Karena kami percaya bahwasannya dimasa depan nanti Halal ini bukan hanya sekadar kewajiban melainkan menjadi kebutuhan, karena halal tidak hanya terbatas di makanan saja akan tetapi merupakan aspek bagi kehidupan,” jelas Ketua pelaksana Kamnas 2018, Irsyad melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (15/5).

Sejak pukul 06.30 seluruh peserta KAMNAS kumpul di Yayasan Masjid Al I’tisham untuk mengikuti senam bersama dan breifing terlebih dulu sebelum melakukan edukasi kepada masyarakat serta pembagian merchandise untuk diberikan kepada masyarakat yang berhasil diedukasi saat CFD berlangsng. Kemudian peserta diarahkan mulai berjalan yang titik starnya tepat di depan gedung 46 BNI dan berakhir di Bundaharan Hotel Indonesia untuk menggelar Deklarasi Masyarakat #BeraniHalal.

Deklarasi itu dipimpin  oleh Ahmad Akbar Susamto, PhD, selaku Korps Alumni FoSSEI. Dalam Deklarasinya ia menyampaikan serta mengajak masyarakat yang hadir untuk turut mendukung pemerintah dan juga menyukseskan dalam hal mengkonsumsi, memproduksi, serta memperdagangkan produk – produk halal demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelum menggelar Halal Run pada CFD bersama, semarak Kamnas juga dilakukan dalam berbagai kegiatan yang juga mendukung kemajuan ekonomi syariah di antaranya, yaitu Halalvidgram (Video singkat tentang fintech syariah yang dikemas berbentuk film yang diposting di instagram), #AkuBeraniHalal (Gerakan memposting foto menggunakan twibbon Kamnas FoSSEI 2018), FoSSEI mengajar (memberikan edukasi mengenai program studi ekonomi syariah dan halal lifestyle kepada SMA – SMK di seluruh Indonesia, FoSSEI menulis (gerakan menulis mengenai financial technology syariah).

“Dengan adanya kampanye nasional yang digelar yang berbentuk edukasi kepada masyarakat secara umum,  kami selaku mahasiswa menjadi tahu bagaimana keadaan sebenarnya dan ini merupakan bentuk pengaplikasian ilmu yang nyata,” kata  Thufeil, mahasiswa STEI Tazkia, saat dimintai pesan dan kesannya  mengikuti Kamnas 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES