Senin 14 Jun 2010 07:30 WIB

Sektor Andalan Bank Syariah Bukopin Dongkrak Pertumbuhan

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Bank Syariah Bukopin
Foto: Pandega/Republika
Bank Syariah Bukopin

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG-–Bank Syariah Bukopin (BSB) mengalami peningkatan volume usaha cukup besar di tahun ini. Per Mei 2010, pembiayaan BSB meningkat 530 persen menjadi Rp 1,4 triliun.

Direktur BSB, Harry Harmono Busiri, mengatakan peningkatan usaha tersebut terjadi di sektor-sektor yang memang menjadi andalan BSB, yaitu usaha kecil dan menengah, termasuk pendidikan, kesehatan, dan amal usaha Muhammadiyah. Di lain pihak juga terdapat peningkatan pembiayaan di konstruksi dan telekomunikasi.

''Pertumbuhan juga bisa cepat karena kita ada sindikasi pembiayaan bersama bank syariah lainnya,'' ujar Harry disela-sela customer gathering BSB dengan pengurus wilayah Muhammadiyah Jawa Barat di Bandung, akhir pekan lalu.

Sindikasi pembiayaan tersebut, tambahnya, antara lain untuk proyek konstruksi dan telekomunikasi (pembangunan BTS). Baru-baru ini misalnya, ujar Harry, terdapat salah satu proyek telekomunikasi senilai Rp 100 miliar dan BSB ikut serta sekitar 20 persennya.

Sindikasi tersebut di antaranya dilakukan bersama Bank Muamalat, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. ''Dalam waktu dekat ini juga ada proyek konstruksi senilai hampir Rp 200 miliar. Rencananya kita ikut antara Rp 20 miliar-Rp 30 miliar,'' ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement