Kamis 29 Apr 2010 02:41 WIB

Satu BPD akan Buka UUS Tahun Depan

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Bank DKI Jakarta
Foto: Pandega/Republika
Bank DKI Jakarta

JAKARTA--Industri perbankan syariah tahun ini kedatangan sejumlah pemain baru. Di tahun depan setidaknya akan hadir lagi satu unit usaha syariah (UUS) dari bank pembangunan daerah.

Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), Winny Erwindia Hasan, mengungkapkan di tahun depan setidaknya ada satu BPD yang akan membuka unit usaha syariah. ''Tahun depan saya mendapat informasi bahwa ada satu BPD yang mau membuka UUS. Kita juga sedang konsentrasi bagaimana UUS ini bisa lebih menyatu dalam standarisasi dan pelayanan produk,'' katanya di Jakarta, Rabu (28/4).

Namun, Winny enggan mengungkap BPD yang akan membuka UUS itu. Dia menuturkan, untuk memperkuat UUS BPD pihaknya pun sedang memperkuat holding UUS. Ia menambahkan, hal tersebut menjadi salah satu poin yang diperhatikan BI untuk menjadi perbankan syariah terdepan di kawasan regional.

Winny menjelaskan, rata-rata pertumbuhan UUS BPD masih belum terlalu besar, yaitu sekitar 10 persen. Dari 26 BPD di seluruh Indonesia, terdapat 15 BPD yang telah membuka UUS, di antaranya Bank DKI, Bank Jabar-Banten, BPD Jateng, BPD DIY, BPD Jatim, BPD Sumut, BPD Kalbar, dan BPD Kaltim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement