Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

BI Optimistis Ekonomi Syariah Tumbuh Besar di Indonesia

Rabu 19 Juli 2017 05:21 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo

Foto: Antara/Rosa Panggabean

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menilai ekonomi syariah di Indonesia akan semakin besar. Hal ini terbukti dengan semakin aktifnya pasar keuangan syariah Indonesia serta komitmen dari para pemangku kepentingan.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menilai, komitmen dari institusi utama untuk pengembangan ekonomi syariah itu sudah sangat baik. Adanya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dinilai dapat mendorong peningkatan pangsa pasar ekonomi syariah di Indonesia.

"Itu komitmen yang baik dan akan membuat semua otoritas berkoordinasi dan kerja sama mengembangkan ekonomi syariah," ujar Agus DW Martowardojo usai pemberian Penghargaan Bank Indonesia 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (18/7).

Dari sisi pengelolaan moneter, Bank Indonesia secara khusus membangun departemen ekonomi keuangan syariah yang akan turut mengembangkan ekonomi keuangan syariah, sehingga ia meyakini komitmen untuk pengembangan ekonomi syariah terus semakin baik di Indonesia. "Nanti kita akan lihat bagaiamana secara pangsa pasar semakin luas dan besar," ujar Agus.

Agus menjelaskan, dalam moneter terdapat sistem konvensional dan syariah. Salah satu bukti berkembangnya ekonomi Syariah di Indonesia yaitu dengan keaktifan perbankan syariah dalam operasi pasar dan kegiatan moneter.

Dalam acara tersebut, Bank Indonesia memberikan penghargaan kepada Bank Syariah Mandiri (BSM) yang dinilai aktif dalam mendukung pengendalian moneter.

"Sistem moneter kita ada yang konvensional dan syariah, tentu kita melihat keaktifan mereka dalam operasi pasar dan kegiatan moneter. Lalu ada kategori lagi yang terkait pendalaman pasar keuangan. Itu diberi penghargaan sendiri, kita betul-betul harapkan penghargaan ini dapat memacu kinerja mereka ke depannya," tutur Agus.

Sumber : Center
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES