Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Perbankan Islam Bisa Dorong UKM

Sabtu 21 Nov 2015 04:35 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ani Nursalikah

Perbankan Syariah (Illustrasi)

Perbankan Syariah (Illustrasi)

Foto: ISLAMIC FINANCE SPOT

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA -- Produk pembiayaan perbankan Islam bisa membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi usaha kecil menengah (UKM).

Deputi Perdana Menteri Turki Cevdet Yilmaz mengatakan, pertumbuhan UKM secara global makin positif dan penetrasi terhadap pasar domestik pun makin luas.

Melihat itu, Yilmaz menilai perbankan Islam bisa memaikan peran penting dalam mengatasi tantangan pembiayaan yang dihadapi UKM. ''Kami percaya keuangan Islam bisa membantu UKM yang sejak krisis global lalu sudah menunjukkan daya tahannya,'' kata dia belum lama ini.

Baca Bank Dunia: Pasar Berkembang Harus Buka Kesempatan Keuangan Islam

Keuanga Islam bisa membantu UKM mendiversifikasi risiko dengan sistem bagi hasil dan risiko. Untuk mengatasi persoalan pembiayaan, pembiayaan berbasis pasar dan regulator bisa mendalami kondisi makro prudensialnya.

Dengan disuarakan oleh para petinggi di pertemuan level tinggi seperti G20, UKM bisa lebih diperhatikan. Sebab isu UKM seringkali disisihkan dalam pertemuan internasional.

''Kami harap dengan adalanya World SME Forum yang jadi bagian pertemuan G20 akan membuat UKM jadi isu global dan membuat mereka terhubung ke pasar global, bekerja sama dengan lembaga internasional lainnya,'' ujar Yilmaz.

Sektor swasta juga perlu membantu dari sisi teknologi. Sementara pemerintah menciptakan lingkungan pembiayaan yang mudah diakses UKM.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA