Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

OASE Kabinet Kerja Giatkan Tanam Tanaman Produktif

Jumat 01 Feb 2019 07:47 WIB

Red: EH Ismail

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla bersama Tim Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) melakukan kunjungan kerja sosial di Banda Aceh, Kamis (31/1).

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla bersama Tim Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) melakukan kunjungan kerja sosial di Banda Aceh, Kamis (31/1).

Rombongan OASE KK melakukan kunjungan kerja sosial di Banda Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Setelah sukses di Banyuwangi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla bersama Tim Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) melakukan kunjungan kerja sosial di Banda Aceh, Kamis (31/1).

Hadir mendampingi Ibu negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla yakni Ketua Umum OASE KK, Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, Rugaiya Wiranto, Direktur Buah dan Florikultura Kementan Sarwo Edi, dan para pemangku kepentingan.

Setelah menyaksikan tarian penyambutan Pemulia Jamee oleh sanggar tari Nyak Dien sebagai tanda selamat datang ke Aceh, rombongan ibu negara bergerak menuju PAUD Permata Hati untuk meninjau kegiatan belajar mengajar, sosialisasi cuci tangan yang sehat, berdiskusi ringan dengan anak-anak PAUD, dan sosialisasi pentingnya konsumsi sayuran.

Rombongan kemudian melanjutkan kegiatan ke Puskesmas Meuraxa untuk meninjau pelaksanaan kegiatan IVA Test yang melibatkan sekitar 200 orang peserta, sosialisasi stunting, pengelolaan sampah, biopori serta penanaman pohon jambu deli hijau dan mangga malaba oleh ibu negara Riana Joko Widodo dan ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Setelah itu, rombongan menuju auditorium UIN AR-Raniry untuk memberi arahan disertai dialog mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba, kemudian dialog mengenai parenting Gedung AAC Daysn Dawood. Sebagaimana VISI OASE KK yaitu sukseskan nawacita, wujudkan Indonesia berkarakter, bebas narkoba, sehat sejahtera dan progam kerja yang dilakukan terkait pendidikan karakter, kesehatan keluarga, sosial dan budaya lingkungan bersih dan lingkungan hijau.

Untuk mendukung gerakan yang bertemakan revolusi mental, OASE KK menyusun program-program yang dapat mengubah pola pikir dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup mandiri, produktif, kreatif dan berkarakter. Semua ini adalah modal sosial yang dapat membawa bangsa Indonesia untuk maju dan sejahtera.

Terkait kunjungan ini, Direktur Buah dan Florikultura Kementan, Sarwo Edi menuturkan, Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung kegiatan Tim OASE KK. Harapannya agar sosialisasi penanaman tanaman pertanian produktif memberikan manfaat pada masyarakat dan generasi muda milenial.

"Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengerahkan sepenuhnya semua unit lingkup Kementan agar komoditas pertanian benar-benar memberikan tambahan pendapatan rumah tangga dan juga menjadi peluang usaha bagi generasi muda," ujarnya.

Pada kegiatan OASE KK di Banda Aceh ini, diperagakan tanaman sayuran seperti selada, seledri, pokcai, cabai, tomat, terong serta bibit buah unggul mangga Malaba, jambu deli hijau, dan durian bintana.

"Kegiatan ini dipastikan memanfaatkan lahan pekarangan dan optimalkan lahan tidur sehingga meningkatkan pendapatam dan kesejahteraan masyarakat," tutur Sarwo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA